1. Gaya Hidup Tak Sehat

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa membuat seorang wanita susah hamil. Selain itu, obesitas, siklus haid yang tak teratur, dan kista juga bisa menyebabkan wanita susah hamil. Wanita dengan kadar lemak tubuh yang rendah juga bisa susah hamil karena banyak kaitannya dengan infertilitas alias tidak subur. 

source: http://nrai.org

2. Masalah Medis

Masalah atau gangguan medis seperti fibroid rahim, jaringan parut, infeksi, gangguan fallopii, endometriosis, dan polip bisa jadi penyebab seorang wanita susah hamil. Gangguan medis seperti itu bisa menghambat pergerakan telur ke rahim dan menyebabkan masalah kesuburan pada wanita. 

source: https://freepik.com
baca juga

3. Mengalami PCOS

Apa itu PCOS? Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan pada keseimbangan kadar hormonal. Pada sindrom ini, tubuh wanita memroduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan. Dan pastinya sangat berpengaruh pada proses ovulasi. Jika moms ingin mengetahui ada tidaknya gejala PCOS, ada baiknya segera memeriksakan kondisi kesuburan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat. 

source: https://freepik.com

4. Stres dan Usia 

Jika kamu dan pasangan ingin segera dikaruniai anak, maka kamu tidak boleh stres. Karena stres bisa berperan pada hormonmu dan juga pasangan. Melakukan hubungan seksual saat kalian stres bukanlah cara yang tepat untuk menanti kehamilanmu lho moms. Ada baiknya kamu mengontrol stres, dan melakukan hubungan seksual dengan nyaman, tenang, dan bahagia. Selain itu ketika kamu memasuki usia 30-40 tahun otomatis hormon dan sel telur akan mulai menurun kualitasnya. 

source: https://freepik.com