1. Batasi Pemakaiannya

Pedoman screen time telah dipublikasikan oleh The American Academy of Pediatrics (2013) dan Canadian Paediatric Society (2010) mengenai aturan penggunaan gadget. Untuk anak usia dibawah 2 tahun sebaiknya tidak bermain gadget sendirian dalam hal ini berlaku juga untuk tablet, televisi, dan smartphone. Sementara anak usia 2 hingga 4 tahun tidak lebih dari 1 jam per hari. Dan Khusus usia 5 tahun ke atas sebaiknya tidak lebih dari 2 jam sehari tanpa mengurangi kebutuhan belajar mereka.
 

source: http://amazonaws.com

2. Batasi Akses

Mendidik anak agar tidak kecanduan gadget memang tidak mudah. Nah, cara yang kedua adalah dengan meltakkan televisi juga komputer di area ruang keluarga. Hal ini guna memberikan pengawasan penuh bagi anggota keluarga kepada anak-anak. Selain itu beri batasan bahwa penggunaan gadget, televisi, tablet, dan smartphone sudah dibatasi waktu penggunaannya. Sebaiknya juga contohkan anak untuk senantiasa meminta izin pada Moms atau orang tua bila ingin menggunakannya hingga setelah selesai menggunakannya.
 

source: https://www.lifewire.com
baca juga

3. Berikan Jadwal & Konsisten

Berilah jadwal yang tepat sesuai usia anak bila ingin bermain gadget. Diluar jadwal tersebut, Moms juga perlu membuat kegiatan alternatif lain agar anak bisa beralih dari gadget. Mendidik anak dari gadget dengan cara ini tentunya harus berkala dan konsisten agar anak kelamaan akan terbiasa dengan perilaku ini.
 

source: https://the-gadgeteer.com

4. Berikan Contoh Baik

Moms terkadang kita sebagai orang tua ingin anak berperilaku baik namun kita lupa bahwa anak merupakan refleksi dan cerminan dari orang tuanya. Untuk itu, para orang tua sebaiknya juga membatasi penggunaan gadget. Buat kesepakatan bersama anggota keluarga yang melibatkan Moms, ayah, dan anak-anak. Misalnya peraturan tidak menggunakan gadget di tempat tertentu seperti di kamar tidur, di meja makan, dan di mobil.
 

source: http://playbuzz.com
baca juga

5. Menahan Diri

Memberikan contoh baik pada anak untuk menahan diri merupakan bagian dari pengelolaan emosi. Dengan menahan diri terhadap penggunaan gadget, ia akan berpikir bagaimana mengalihkan menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan. Menahan diri ini bila diterapkan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan baik kedepan dalam mengatasi masalah di berbagai kondisi.
 
 
 
 

source: http://www.sheknows.com