1. Apnea

Apnea ini sering terjadi pada bayi yang lahir prematur. Karena kurang matangnya daerah di otak yang mengendalikan dorongan untuk bernapas. Biasanya bayi berhenti bernapas, denyut jantung yang berkurang dan kulit bisa menjadi pucat bahkan biru untuk sementara. Apnea ini merupakan jeda bernafas sekitar 15 menit. Meski demikian, sebagian besar bayi prematur yang mengalami hal ini dapat teratasi. Namun pastikan tetap dalam pengawasan medis ya, Moms.

source: https://independent.co.uk

2. Bronchopulmonary Dysplasia

Kondisi ini merupakan masalah umum pada paru-paru bayi yang lahir prematur terutama bila beratnya kurang dari 1kg. Penyakit paru-paru kronis ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi bayi yang butuh pasokan oksigen. Oksigen diberikan pada bayi prematur tergantung tingkat keparahannya. Ada yang hanya dalam hitungan minggu bahkan ada pula yang sebulan. Ini juga diukur dari kematangan paru-paru bayi.
 

source: http://www.utusan.com.my
baca juga

3. Respiratory Distress Syndrome

Masalah lain yang umum terjadi pada bayi prematur adalah gangguan pernapasan yang juga berhubungan dengan paru-paru bayi yang belum matang. Ini terjadi karena paru-paru bayi prematur sering kekurangaan surfaktan. Surfaktan merupakan zat cair yang memungkinkan paru-paru untuk tetap mengembang. Solusi untuk hal ini, biasanya bayi akan dibantu dengan mesin pernapasan atau ventilator.
 

source: http://prematurebaby.info

4. Retinopathy of Prematurity

ROP atau Retinopathy of Prematurity merupakan penyakit mata saat retina belum berkembang secara sempurna. Ada beberapa kasus ROP yang membutuhkan perawatan khusus namun kasus ROP kebanyakan sembuh tanpa pengobatan. Namun bila akan dilakukan perawatan khusus biasanya ada yang diberi pengobatan dengan cara operasi laser namun ini khusus untuk kasus ROP yang sangat parah. Moms dapat membawa si kecil untuk diperiksa ke dokter mata anak atau spesialis retina. Tim ahli dari medis tentu akan mendiagnosis serta memberi rekomendasi beberapa metode pengobatan yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan si kecil.
 

source: http://telegraph.co.uk
baca juga

5. Infeksi

Infeksi dapat menjadi ancaman besar khususnya bagi bayi yang lahir prematur. Hal ini karena bayi masih kurang mampu dalam melawan  kuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Infeksi ini bisa terjadi saat sebelum persalinan, saat persalinan atau pasca persalinan. Salah satu solusi untuk menjaga bayi prematur agar tetap bersih adalah cuci tangan selama bayi berada di NICU.
 
 

source: http://telegraph.co.uk