Pemeriksaan Sesaat Setelah Melahirkan

Tepat setelah operasi, Moms mungkin akan merasakan lemas akibat pengaruh obat-obatan yang diberikan. Tak sedikit pula yang merasa mual yang dirasakan selama beberapa jam, dan kulit terasa gatal. Nah, beberapa jam setelah operasi, perawat akan memindahkan Moms ke kamar perawatan atau pemulihan dan melakukan beberapa pemeriksaan kesehatan seperti: 

- Memantau tekanan darah, denyut jantung, dan jumlah pendarahan pada vagina.
- Memeriksa bagian rahim apakah sudah menjadi lebih kencang dari sebelumnya. 

Apabila tidak ada keluhan sakit dan tidak ditemukan komplikasi yang membutuhkan penanganan, maka perawat akan segera membawakan bayi untuk digendong. Tentu saja menghabiskan waktu bersama bayi akan membuat Moms merasa sangat bahagia. 
 

source: https://www.healthline.com


 

Kontrol Rutin

Setelah menjalani beberapa pemeriksaan di rumah sakit, dan kesehatanmu dinyatakan normal, maka Moms dan si bayi sudah diizinkan pulang ke rumah. Tapi, pemeriksaan tetap akan berlanjut. Umumnya, dokter akan menjadwalkan kontrol rutin 2 atau 4 minggu setelah operasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi Moms baik-baik saja pasca melahirkan lewat operasi caesar. 

Adapun hal-hal yang diperiksa dokter di antaranya: 
1) Pemeriksaan untuk memastikan rahim kembali ke ukuran normalnya.
2) Memeriksa bekas sayatan operasi, apakah sembuh dengan baik atau terjadi infeksi.
3) Menanyakan tentang tipe KB yang Moms mungkin akan gunakan untuk mengontrol kehamilan berikutnya.
4) Bertanya mengenai hal-hal seputar kondisi psikologis, bagaimana mood Moms, apakah berubah drastis atau tidak.
5) Memeriksa tekanan darah, berat badan dan kondisi payudara. 
 
source: http://www.qqtdd.com

 
baca juga

Selain itu, dokter akan menjelaskan beberapa kondisi wajar yang Moms alami selama pemulihan operasi caesar, di antaranya: 

- Pendarahan
Baik melahirkan normal maupun caesar, ibu akan mengalami pendarahan berupa cairan bernama lokia. Pendarahan ini terjadi untuk mengeluarkan sisa-sisa plasenta yang menempel pada rahim. Pada minggu-minggu pertama, pendarahan mungkin terasa berat dan banyak, kemudian berumah menjadi sedikit pada minggu-minggu berikutnya. Pendarahan ini biasanya akan berhenti paling cepat 10-14 hari, namun juga ada yang mengalaminya selama berminggu-minggu. 

- Rasa Sakit pada Bekas Operasi
Di minggu-minggu pertama setelah operasi caesar, Moms akan merasakan sakit pada luka bekas operasi, terutama saat bergerak, batuk, tertawa, bangun tidur, mandi dan sebagainya. Tak masalah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit di waktu-waktu ini. Tanyakan kepada dokter obat pereda nyeri yang tepat untuk Moms konsumsi. 

 

source: http://motherhow.com

- Merawat Luka Operasi
Luka caesar biasanya berada di sepanjang atau di bawah bikini line dan ditutupi dengan penutup waterproof untuk mencegah terkena air. Jika penutup luka sudah dibuka, maka coba basuh dengan secara perlahan dan biarkan kering tanpa ditutupi dengan perban. Di sekitar luka mungkin terlihat memar dan gatal. Hal ini normal, Moms. Pakai baju berbahan katun dan longgar agar tidak tergesek dengan bekas luka. Proses penyembuhan luka bekas operasi ini biasanya membutuhkan waktu 6-10 minggu hingga sembuh sepenuhnya.