1. Memberikan Sentuhan Lembut

Jangan anggap sepele sentuhan seorang ibu guna membuat bayimu menjadi lebih nyaman. Tentu saja langkah utama dalam menenangkan bayi menangis adalah dengan cara menyentuhnya. Walaupun begitu, memang tidak jarang bayi yang membutuhkan lebih dari sekadar sentuhan untuk membuatnya nyaman, seperti gendongan, menepuk punggung, atau pun dengan cara memijatnya.

source: http://www.funniestbaby.com

2. Menggendong dan Mengayunnya

Bayi senang gerakan-gerakan ketika mereka digendong. Kamu bisa mulai dengan mengambil kain gendongan dan kemudian buat gerakan mengayun untuk menenangkan bayi menangis. Semakin kencang tangisan bayi, maka kamu harus semakin kencang pula mengayunkannya. Kamu juga bisa menghiburnya guna mengajaknya tertawa, sehingga tangisannya dapat teralihkan.

source: http://medicaldaily.com
baca juga

3. Berbisiklah Padanya

Membisikkan suara “shhh” sebenarnya bisa kamu coba, karena rupanya cara ini dapat menenangkan bayi yang baru lahir karena mirip dengan berdesing yang biasa melingkupi dirinya di dalam rahim. Kamu bisa juga menyalakan hair dryer atau kipas angin sebagai penggantinya lho. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk berbicara dengan nada tenang pada bayi kamu. Walaupun ia belum bisa berbicara, namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa nada suara ibu adalah cara paling efektif untuk menenangkan bayi.

source: https://verywell.com

4. Bernyanyi

Jika bayimu menangis dan tidak mau berhenti, tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini. Kamu bisa menyanyikannya sebuah lagu dengan tempo yang lambat dan suara yang lembut tentunya. Selain itu, rupanya tubuh manusia merespons musik dengan cara menyamakan denyut jantung serta indera perasa sesuai dengan tempo musik yang didengar. nyanyikanlah lagu anak-anak yang riang dan menghibur ya Moms.

source: https://bidanku.com