Senam Hamil Berguna atau Tidak?

Senam hamil merupakan suatu bentuk latihan atau olahraga yang terdiri dari gerakan-gerakan yang ringan. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menjaga kesehatan ibu selama hamil serta memperlancar proses melahirkan. Senam hamil sangat dianjurkan untuk ibu hamil, karena akan banyak manfaat yang didapatkan. Tetapi untuk melakukannya tetap disesuaikan dengan kondisi kehamilan dan kesehatan kamu. Nah, untuk lebih jelasnya, simak manfaat dari senam hamil berikut ini :
 

source: https://www.today.com/


 


1. Mengurangi Keluhan Saat Hamil
 
Perubahan tubuh pada ibu hamil seringkali menimbulkan banyak keluhan seperti nyeri, bengkak atau kram pada perut, pinggang, dan kaki. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan rutin berolahraga atau melakukan senam hamil. Hal tersebut dikarenakan gerakan peregangan yang dilakukan saat senam hamil dapat mengurangi keluhan-keluhan tersebut.
 

source: http://www.umacenter.com/


 

baca juga


2. Menjaga Kehamilan dan Meningkatkan Stamina

Rutin melakukan senam hamil dapat bermanfaat bagi kehamilan kondisi stamina ibu selama hamil. Dengan kata lain, ibu yang rajib melakukan senam hamil akan merasakan tubuh yang sehat dan bugar serta akan berstamina. Jadi, ibu akan mudah melakukan rutinitas kesehariannya.
 

source: https://www.ericaziel.com/p/prenatal-yoga-sculpt


 


3. Membuat Pikiran Rileks

Selain membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan rileks, senam hamil dapat membuat pikiran dan jiwa ibu menjadi lebih tenang dan rileks.  Hal ini akan membuat ibu hamil dapat tidur lebih nyenyak dan lebih siap mejalani kehamilannya. Selain itu, dengan rutin berlatih ibu hamil dapat meredakan rasa kecemasan menghadapi persalinan. 
 

source: http://theyogacentreoakpark.com/


 

baca juga


4. Mempelancar Proses Persalinan

Gerakan senam hamil dapat memperkuat dan mempertahankan otot dinding perut dan otot dasar panggul. Tidak hanya itu, pernafasanmu juga akan dilatih menjadi lebih kuat dan berenergi. Kedua hal tersebut akan sangat membantu saat kamu melalui proses persalinan. Dijamin kamu akan menjadi lebih percaya diri dan siap menghadapi persalinan.
 

source: https://www.tommys.org/


Nah, itulah empat manfaat senam hamil yang langsung bisa kamu rasakan. Semoga bermanfaat, ya!