1. Membantu Pertumbuhan Janin 

Folat atau asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang diperlukan wanita sebelum hamil untuk membantu pertumbuhan janin dan melindungi sel tubuh. Tubuh membutuhkan folat saat sel tumbuh dengan cepat, seperti pada saat kehamilan. Asam folat ini biasanya dikonsumsi rutin selama satu bulan sebelum pembuahan. Selain itu khasiat asam folat membantu memperkuat membran sel telur menjadi lebih baik. 

source: https://hyperbiotics.com

2. Mencegah Masalah Gangguan Janin

Diketahui, asam folat disarankan untuk diminum oleh wanita yang ingin hamil untuk mencegah terjadinya gangguan janin seperti penutupan tuba neural pada bayi, anensefali (tidak ada kepala), ataupun ensefalokel (penonjolan di kepala yang berisi otak dan selaput otak). Selain itu pada awal kehamilan atau sebelum wanita tahu bahwa dirinya hamil, asam folat berperan penting dalam perkembangan awal janin.

source: https://dedaunan.com
baca juga

3. Mencegah Cacat Pada Jantung

Buat kamu yang berencana ingin hamil, asam folat ini juga mencegah terjadinya cacat pada jantung, bibir sumbing dan sumbing langit-langit mulut. Selain itu asam folat merupakan bahan esensial untuk sintesis DNA dan RNA yang penting untuk metabolisme inti sel, termasuk sel darah merah lho. 

source: https://parents.com

4. Mencegah Anemia

Perlu moms ketahui salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga kamu mudah mengidap anemia. Selain itu asam folat berperaan penting bersama dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam membentuk protein baru. 

source: http://www.fergon.com