Panduan Memijat Bayi Enam Bulan
Berbeda dengan memijat bayi baru lahir, bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas akan lebih aktif bergerak dan bereaksi dari setiap sentuhan kita. Itulah sebabnya kamu perlu lebih kreatif dalam memberikan pijatan sehingga si kecil tetap nyaman dan kamu juga tidak kesulitan. Kunci utamanya adalah memahami gerak tubuh si kecil yang tanpa disadari menunjukan atau memberikan bagian tubuh tertentu untuk dipijit terlebih dahulu. 
 

source: https://www.care.com/


Kamu juga dapat menyalakan musik untuk membuat suasana memijat lebih menyenangkan seperti suasana sedang bermain. Dengan begitu, proses pemijatan bayi tidak hanya untuk kesehatan dan bonding dengan ibu, tetapi juga untuk melatih indera, membangun percaya diri kemampuannya merespon, serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otot untuk koordinasi kekuatan mengingat si kecil akan segera belajar berjalan.
 


Panduan Memijat Bayi 6 Bulan

Kaki
Jika si kecil terlihat membiarkan kakinya untuk kamu pegang, mulailah untuk melakukan pemijatan kaki dimulai dari pangkal paha hingga pergelangan kaki dengan gerakan lembut. Kamu juga bisa memotong pada bagian lutut, yaitu dimulai dari paha hingga lutut, kemudian lutut hingga pergelangan kaki.

Punggung
Selanjutnya, untuk punggung, gunakanlah satu tangan bergantian untuk melakukan pemijatan dari leher hingga bokong. Teknik lain yang bisa kamu coba juga adalah teknik mengusap silang saat bayi sedang tengkurap. Caranya adalah dengan meletakkan kedua tangan dipunggung kemudian usap lembut perlahan dengan arah berlawanan. Teknik ini baik untuk memperkuat tulang punggung si kecil.

Tangan dan Perut
Setelah itu, biarkan bayi tidur terlentang dan mulailah memijat lengannya dengan teknik sama seperti kaki. Dilanjutkan dengan mengusap perut untuk membantu organ pencernaan bekerja dengan baik. Lakukan juga gerakan membuka tutup tangan dengan menggerakan tangan seperti melipat dan membukanya. Si kecil akan senang karena gerakan ini sama seperti gerakan bermain.
 

youtube:up7_xNhuwQE
source: https://www.youtube.com/watch?v=up7_xNhuwQE
Panduan Cara Memijat Bayi Yang Benar, Cussons Mum & Me


 

baca juga


Tips Memijat Bayi 6 Bulan

Nah, setelah memahami teknik memijat bayi dengan baik dan benar, kamu perlu mengetahui beberapa tips penting agar pemijatan berlangsung efektif dan menyenangkan untuk si kecil berikut ini :

  1. Pastikan si kecil dalam keadaan nyaman. Lakukan pemijatan setelah ia selesai makan, mandi, dan berganti popok. Dengan begitu ia akan merasa lebih rileks dan nyaman saat dipijat.
  2. Lakukan gerakan yang lembut dan perlahan. Jangan samakan memijat bayi dengan dengan memijat orang dewasa. Meskipun sudah berusia lebih dari 6 bulan, otot-ototnya masih sangat lembut.
  3. Gunakan musik atau bernyanyilah untuk si kecil. Jika musik terlalu mengganggu, cobalah untuk menyanyikan beberapa lagu untuk si kecil. Dengan begitu bayimu akan lebih terlatih pendengarannya dan menjadi lebih mengenal suaramu.
  4. Gunakan baby oil. Jangan lupa untuk menggunakan baby oil secukupnya agar pemijatan terasa nyaman dan lembut dan tidak membuat kulit bayi lecet atau iritasi.
source: http://drdeanine.com/


Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang memijat bayi dengan usia 6 bulan ke atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!