Maraknya Kejahatan Terhadap Anak-Anak

Pada dasarnya hal ini pasti sudah mulai Mommy sadari. Beragam tindak kejahatan berupa penculikan berujung pada pemerasan atau bahkan human trafficking terjadi di Indonesia. Target mereka adalah anak-anak yang memang sering berpergian sendiri tanpa penjagaan orang tua. Itulah sebabnya kamu perlu untuk memberikan peringatan kepada anak mengenai hal-hal yang mungkin terjadi di luar sana. Ajari mereka bahwa tidak semua orang baik, apalagi orang asing.
 

source: https://inquisitr.com/


 


Melindungi Privasi Anak

Selain itu, dengan mengajarkan anak untuk menolak rayuan orang asing, kamu juga secara tidak langsung melindungi privasi anak dari orang-orang di sekitarnya. Berikan anak pemahaman tentang hal-hal pribadi yang tidak boleh diganggu orang lain. Dengan begitu anak akan lebih peka dan sensitif jika ada hal-hal mencurigakan terjadi di sekitarnya.
 

source: http://www.mcilveenfamilylaw.com/


 

baca juga


Menjaga Diri Anak

Tidak hanya ancaman kriminal yang harus kamu waspadai. Kasus pemberian obat-obatan terlarang dalam bentuk makanan anak juga marak terjadi di masyarakat. Itulah pentingnya memberikan peringatan pada anak untuk berhati-hati pada setiap pemberian dari orang asing.
 

source: https://medium.com/


 


Tips Mengajari Anak Pertahanan Diri

Hal-hal di atas sangat berisiko dan mengancam keselamatan anak. Itulah sebabnya kamu perlu mengajarkan anak pertahanan diri sejak dini. Mulai dari mengenalkan apa itu privasi, bagaimana bersikap dengan orang asing, hingga teknik menyelamatkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Ajarkan anak mengenai konsep privasi. Hal ini penting untuk membuat anak lebih peka terhadap hal-hal aneh yang terjadi di sekitarnya. Misalnya saat ada orang asing mendekat dalam jarak yang tidak normal seperti orang pada umumnya.
  • Kenalkan cara-cara bersikap pada orang asing. Mulai dari berbicara sebutuhnya, jangan menceritakan hal-hal pribadi, jangan mudah disentuh, dan jaga jarak aman.
  • Terakhir, mulai kenali beberapa teknik bela diri dasar. Mulai dari berteriak saat orang asing mulai melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya hingga melakukan perlawanan. Dengan kata lain kamu juga bisa mulai mengajarkan cara bela diri. Pastikan anak sudah cukup dewasa untuk menggunakan teknik tersebut tidak untuk hal yang tidak baik.