Aktivitas utama anak pada saat memasuki usia pra sekolah adalah bermain sambil belajar. Dengan kata lain, permainan merupakan hal penting untuk memenuhi jiwa bermain anak. Kemudian, orang tua dan guru berperan sebagai pendamping yang dapat memberi arahan dari setiap permainan yang anak mainkan agar menjadi sebuah pengetahuan baru bagi si kecil. Itulah sebabnya penting bagi kamu untuk memilihkan mainan edukatif sehingga dapat memenuhi kebutuhan bermain anak sambil melatih tumbuh kembangnya sekaligus.
 


Salah satu permainan yang menarik dan mengedukasi untuk anak usia pra sekolah adalah origami. Permainan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang ini bermanfaat untuk membantu perkembangan motorik, mengasah kreativitas, serta meningkatkan konsentrasi dan perhatian anak. 
 


1. Melipat Origami

Hal pertama yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan origami adalah bermain menggunakan teknik melipat origami menjadi bentuk-bentuk yang menarik. Anak-anak dapat membuat bentuk semenarik mungkin dari kertas origami sesuai dengan kreativitas mereka. Contohnya bentuk kodok, angsa, ikan, es krim dan lain-lain. Dengan begitu, gerak motorik serta kreativitas tentang bentuk-bentuk benda menjadi lebih terasah.
 

source: https://www.calistaorigami.com/


 

baca juga


2. Menggunting Origami

Selain membuat bentuk dengan cara melipat, anak-anak usia pra sekolah juga dapat membuat bentuk atau gambar dengan menggunting origami lalu menempelkannya di kertas kosong. Bentuk yang dapat dibuat dengan cara menggunting origami juga beragam, mulai dari bunga, pohon, rumput, dan rumah.


 

source: https://www.duniabelajaranak.id/


 


3. Mengenal Warna

Kertas origami memiliki berbagai macam warna. Orangtua atau guru dapat menggunakan origami sebagai sarana untuk membantu anak dalam mengenal berbagai macam warna. Selain itu, kamu dapat menuliskan kata dari suatu warna pada bidang origami. Dengan begitu, anak juga dapat belajar mengenal huruf dan membaca.
 

source: https://acfdbblog.wordpress.com/


 

baca juga


4. Mengenal Bentuk

Origami dapat digunting dan dibentuk sesuai keinginan. Untuk membantuk anak mengenal bentuk menggunakan origami, guntinglah origami menjadi bermacam bentuk seperti lingkaran, persegi, segitiga, dan lain-lain, lalu jelaskan pada anak mengenai bentuk-bentuk tersebut.
 

source: https://nl.aliexpress.com/


 


5. Mewarnai Gambar

Terakhir, kamu juga dapat mengajak anak untuk mewarnai gambar menggunakan sobekan kertas origami. Caranya mudah, buatlah gambar dengan menggunakan spidol berwarna hitam. kemudian siapkan lem dan kertas origami berbagai warna. Ratakan lem pada bidang-bidang yang ingin diwarnai, kemudian ajak anak untuk merobek origami kecil-kecil, dan tempelkan pada bidang yang ingin diwarnai dengan warna tertentu.
 

source: https://turtledaycare.wordpress.com/