1. Mengatur Uang

Selain perkara menabung, yang perlu dipahami adalah pentingnya menghargai uang. Latihlah si kecil untuk menghitung berapa banyak yang bisa dibelanjakan, ditabung, dan yang bisa dihasilkan dengan bekerja. 

source: http://fami.com

2. Memperbaiki Kerusakan di Rumah

Alaminya, anak-anak selalu ingin tahu apa yang ada di dalam mesin mobil, tv, atau apapun, dan bagaimana mereka berfungsi.  Manfaatkan hal tersebut untuk mengajari cara memperbaiki sendiri peralatan rumah yang rusak. Namun, penting untuk selalu ingatkan perlunya menjaga keselamatan saat bekerja.

source: http://rudicahyo.com
baca juga

3. Belajar di Alam Liar

Ketrampilan ini bisa dilatih salah satunya lewat berkemah untuk mengajarkan si kecil bagaimana membuat tempat berteduh, memasak di atas api unggun, atau bagaimana melewati rintangan alam yang sulit. Kegiatan ini juga akan menanamkan rasa percaya diri dan mandiri Si kecil lho moms. 
 

source: http://phinemo.com

4. P3K

Karena sering cedera atau terluka saat bermain, anak perlu diajari bagaimana mengatasi situasi saat dirinya atau temannya mengalami kondisi darurat. Misalnya ajari anak cara memakai perban atau mengobati luka ketika ia terjatuh. 

source: http://www.completehealthnews.com
baca juga

5. Mengatur Waktu

Awali dengan memberikan rutinitas. Setiap hari, si kecil harus tahu kapan waktu tidur, makan, mandi, dan sebagainya. Kemudian, biasakan anak mengerjakan sesuatu dalam target waktu, misalnya makan harus selesai dalam 20 menit, bersiap-siap ke sekolah dalam 15 menit, dan seterusnya. Semakin dewasa, anak akan makin terlatih untuk mengatur waktunya secara efektif.
 

source: https://snoozeforkids.com

6. Mengurus Pakaian

Life skill ini mungkin semakin dilupakan dengan adanya layanan laundry di zaman yang serba praktis saat ini. Namun, dalam kondisi tak ideal, setiap orang harus bisa mengurus pakaiannya sendiri, dari mulai mencuci, melipat, menyetrika, dan seterusnya.
 

source: https://www.appletreebsd.com

7. Belajar Berkebun

Selain untuk memenuhi kebutuhan makanan, life skill ini akan mengajarkan si kecil perlunya menghargai alam. Kamu dapat awali dengan menceritakan bagaimana cuaca mempengaruhi tanaman atau bagaimana biji bertunas.

source: http://sharpexblog.com