Premarital Check Up

Premarital check up merupakan sebuah prosedur pemeriksaan kesehatan pranikah yang dilakukan untuk mengetes kesehatan pasangan yang akan menikah. Tes ini dilakukan untuk menguji keberadaan dan potensi adanya penyakit genetik serta infeksi menular pada salah satu pasangan sehingga dapat mencegah terjadinya penularan penyakit pada pasangan dan calon anak nantinya.
 

source: http://www.doctorsclinicblog.com/


Tujuan utama dilakukannya pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pasangan kamu dan pasangan sejak dini. Jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan, kamu dan pasangan dapat melakukan tindakan sejak awal sehingga kalian dapat merencanakan kesehatan keluarga dengan lebih optimal. 
 


Mengapa Premarital Check Up Penting?

Jika melakukan premarital check up malah membuat kamu dan pasangan menjadi tidak yakin pada satu sama lain, kamu mungkin perlu melihat pemeriksaan ini dari sudut pandang lain. Jika kamu dan pasangan memang sudah serius akan menikah, kalian pasti memerlukan informasi yang cukup mengenai kondisi diri dan pasangan. Hal ini tentu akan sangat membantu kalian dalam mengidentifikasi masalah dan risiko kesehatan, serta mencari solusinya.
 


Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk dapat mencegah dan meminimalisasi potensi masalah kesehatan, seperti penyakit keturunan dan potensi memiliki keturunan itu sendiri. Singkatnya, manfaat dari premarital check up, antara lain adalah :

  • Mengetahui status kesehatan dirimu dan pasangan
  • Mendeteksi adanya penyakit menular, seperti hepatitis B dan HIV/AIDS
  • Mendeteksi adanya penyakit/ kelainan genetik, seperti anemia sel sabit, hemofilia, thalassemia
baca juga
source: https://hellosehat.com/


Kapan Sebaiknya Melakukan Premarital Check Up?

Premarital check up dapat kamu lakukan bersama dengan pasanganmu beberapa bulan sebelum atau di awal pernikahan saat kamu sedang akan merencanakan memiliki anak. Hal ini penting agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses kehamilan dan persalinan, serta memastikan anak dapat benar-benar tumbuh dan berkembang dengan sehat dan baik.