Memilih Test Pack

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat akan memeriksa kehamilan, kamu perlu memilih test pack yang tepat. Berikut ini adalah ketentuan yang perlu kamu pastikan saat membeli test pack :

  1. Test pack yang kamu beli harus memiliki tanggal kadaluarsa. Hal ini penting untuk memastikan test pack yang kamu gunakan masih dapat digunakan untuk memeriksa kehamilan dengan akurat. 
  2. Pilihlah test pack yang tidak membutuhkan banyak kadar hCG. Jika kamu kurang memahaminya, cobalah untuk membeli test pack di apotek dan konsultasikan dengan apoteker mengenai kadar hCG. 
  3. Disarankan memilih test pack dengan bentuk compact. Model ini memiliki wadah penampung urine karena dapat memeriksa dengan lebih akurat dan konsisten.
source: http://otobiografitokohdunia.blogspot.com/


 


Cara Menggunakan Test Pack

Setelah memilih test pack yang tepat, kamu dapat langsung menggunakan test pack untuk memeriksa apakah kamu hamil atau tidak. Namun, pastikan kamu melakukan tahapan berikut ini agar hasil yang ditunjukan dapat lebih akurat.

  1. Bacalah petunjuk pemakaian dari test apck yang kamu beli. Pada dasarnya setiap test pack memiliki ketentuan masing-masing. Selain itu, kamu juga dapat menanyakan pada apoteker tempat kamu membeli test pack agar dapat diarahkan langkah-langkah penggunaan yang benar. Pada umumnya, penggunaan test pack ada dua macam, yaitu yang dicelupkan ke dalam wadah berisi urine, atau yang langsung dikenakan pada urine saat buang air kecil.

  2. Lakukan tes pada pagi hari. Hal ini sangat disarankan agar hormon hCG dapat dengan lebih mudah terdeteksi.

  3. Saat akan melakukan pengetesan, kurangi minum air putih. Dengan begitu, urine yang dihasilkan akan menjadi cukup kental. Hal ini cukup berpengaruh sebab urine yang terlalu cair dapat mengurangi keakuratan hasil uji kehamilan.

  4. Diamkan setelah dipakai. Setelah terkena urine, pastikan kamu mendiamkan test pack minimal 1 menit untuk menunggu hasil pengujian yang akurat benar-benar terlihat.

  5. Apabila hasil pengujian menunjukan kamu negatif hamil, tidak berarti 100% kamu tidak hamil. Jika kamu masih belum datang bulan, lakukan pengujian ulang pada minggu ke-3 atau sekitar 1 bulan setelah melakukan pengujian pertama.

  6. Apabila pengujian menunjukan hasil yang positif, segeralah untuk mengunjungi dokter kandungan agar dapat memastikan keakuratan hasil uji test pack. Kamu juga dapat segera mendapat arahan untuk perawatan kandungan pada trimester pertama kehamilan.
source: http://momdadi.com/


 

baca juga


Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak ringkasan langkah penggunaan test pack dari video berikut ini :
 

youtube:Lvtr59hVb8o
source: https://www.youtube.com/watch?v=Lvtr59hVb8o
Cara Menggunakan Test Pack yang Benar


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan tes pengujian kehamilan menggunakan test pack. Semoga bermanfaat, Moms!