1. Terlalu Lama Menunda Kehamilan

Terkadang pasangan suami istri bersepakat untuk menunda kehamilan dengan alasan karier atau finansial yang belum mendukung. Namun ternyata, terlalu lama menunda kehamilan, dapat menurunkan kesuburan seorang wanita. Hal ini karena semakin matang usia wanita, produksi sel telur akan berkurang sehingga mengurangi tingkat kesuburan.

source: https://www.phawellness.com

2. Istri Terlalu Memforsir Diri Saat Berolahraga

Olahraga yang terlalu berat juga dapat memengaruhi kesuburan seorang wanita. Hal ini karena olahraga berat menyebabkan haid menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga proses ovulasi menjadi terganggu.

baca juga

3. Suami Mengalami Stres

Hati-hati, ternyata stres yang dialami calon ayah juga bisa menurunkan kualitas sperma mereka lho. Jadi jangan sampai Dads merasa stres berlebihan ya, Moms. Karena sesubur apapun seorang wanita, apabila suaminya memiliki kualitas sperma yang buruk kehamilan akan sulit terjadi.

source: https://thepotentiality.com

4. Istri Terlalu Banyak Mengonsumsi Lemak Jenuh

Junk food memang lezat ya Moms. Namun mengonsumsinya juga tidak boleh terlalu banyak. hal ini karena junk food mengandung lemak jenuh yang akan menyebabkan seorang wanita mengalami obesitas. Dan kabar buruknya, seorang wanita yang terlalu gemuk akan lebih sulit hamil karena fungsi ovarium menjadi terganggu.

baca juga

5. Indeks Massa Tubuh Istri Terlalu Rendah

Hal ini berbanding terbalik dengan poin sebelumnya. Kalau terlalu gemuk menyebabkan sulit hamil, ternyata terlalu kurus juga menyebabkan hal yang sama. Wanita yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) di bawah normal akan cenderung lebuh sulit hamil dibandingkan mereka yang meemiliki IMT normal. Hal ini karena pada tubuh yang terlalu kurus metabolisme terganggu, termasuk metabolisme tubuh untuk berovulasi setiap bulan. Itulah sebabnya wanita yang terlalu kurus biasanya memiliki gangguan dalam siklus haid.

source: https://onhealth.com

Nah, setelah mengetahui 5 penyebab itu tentunya Moms dan Dads bisa lebih berhati-hati ya. Meski kehamilan adalah murni kuasa Tuhan, Moms dan Dads tetap harus berusaha menghindari kelima penyebab itu agar kehamilan yang diharapkan bisa segera terjadi.