Cloth diapers atau clodi memang dirancang untuk para Moms yang ingin anaknya tetap menggunakan popok kain namun tidak mudah tembus atau bocor. Selain itu popok clodi juga dikenal ramah lingkungan karena bisa digunakan ulang setelah dicuci, berbeda dengan popok sekali pakai (pospak) yang cenderung langsung buang. 

source: https://4.bp.blogspot.com

Dengan segala kelebihan yang dimiliki clodi, clodi juga memerlukan penanganan khusus lho dalam membersihkannya. Tujuannya agar clodi awet, dan memiliki masa pakai yang panjang. Membersihkan menggunakan bahan yang aman dikulit bayi juga menjadi sangat penting, mengingat clodi akan digunakan oleh bayi yang memiliki kulit sensitif. Nah, berikut ini cara-cara merawat popok clodi agar awet dan aman untuk bayi.

baca juga

Cuci clodi baru sebelum dipakai (pre-wash)

Clodi yang masih baru, harus dicuci terlebih dahulu (pre-wash) minimal tiga kali sebelum dipakai. Hal ini penting untuk mendapatkan daya serap yang maksimal dan untuk membersihkan clodi dan insert. Hindari menyetrika clodi, sebab panas dari setrika karena akan merusak lapisan waterproof clodi. Panduan cara melakukan pre-wash bisa Moms baca di petunjuk kemasan pada clodi.

Gunakan sedikit deterjen

Bersihkan segera clodi yang kotor dengan cara menyemprotnya menggunakan air bersih. Setelah itu kucek menggunakan tangan dengan menambahkan sedikit deterjen khusus. Jika menggunakan mesin cuci, gunakan takaran deterjen 1/4 kali dari takaran normal. Panduan cara mencuci clodi dengan mesin cuci biasanya terdapat di kemasan clodi.

baca juga

Jemur clodi dengan memposisikannya secara tepat

Hindari mengeringkan clodi dengan mesin pengering, karena panas dalam mesin pengering dapat merusak lapisan waterproof pada clodi. Cukup peras (spin) dan keringkan di bawah sinar matahari. Pastikan memposisikannya secara benar, yaitu inner (bagian dalam clodi) harus menghadap ke atas, sedangkan outer (bagian luar clodi) harus menghadap ke bawah. Sebab, jika outer menghadap ke atas alias terkena sinar langsung matahari, maka bahan outer akan berkurang kualitasnya (mengalami keretakan sehingga pori-pori kain tidak lagi rapat).

Adapun insert sama sekali tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari secara langsung, melainkan harus dijemur di tempat yang teduh, di dalam ruangan misalnya. Atau, jemurlah insert di luar ruangan saat matahari masih belum terik (suasana pagi, sore, dan malam). Selain itu, saat menjemur clodi, clodi harus diposisikan secara horizontal (memanjang dari kanan ke kiri atau dari kiri ke kanan). Hal ini dilakukan untuk mencegah karet clodi menjadi longgar. Adapun posisi insert saat dijemur adalah kebalikan dari posisi clodi saat dijemur.

source: https://i0.wp.com/

Jangan ditumpuk, segera cuci clodi yang kotor

Sebaiknya jadwalkan mencuci clodi setiap hari. Clodi kotor yang dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan jamur, bau, dan noda yang menetap. 

Jangan menggunakan pelembut, pengharum dan pemutih

Jangan gunakan pelembut, pengharum serta deterjen yang mengandung pengharum dan pemutih dalam melakukan proses pencucian clodi. Penggunaan pengharum dan pelembut akan meninggalkan residu yang mengurangi daya serap. Kandungan pemutih dalam deterjen dapat merusak clodi dan menimbulkan gatal-gatal pada kulit bayi.

source: http://www.clearfection.com

Stripping secara berkala

Lakukan stripping satu bulan sekali, yaitu dengan mencuci clodi tanpa deterjen. Caranya, cuci clodi tanpa bahan kimia apapun. Kemudian bilas clodi sampai menghasilkan sisa air bilasan yang bersih tanpa ada sisa deterjen kemudian keringkan di bawah sinar matahari.

source: https://2.bp.blogspot.com

Itulah beberapa cara perawatan popok clodi. Tujuannya agar clodi memiliki masa pakai yang panjang. Juga agar clodi nyaman dan aman saat digunakan oleh bayi. Selamat mencoba ya Moms!