1. Mengganti Pembalut Secara Berkala

Salah satu hal yang menyebabkan daerah kewanitaan Moms menjadi tidak sehat adalah kebiasaan memakai pembalut terlalu lama, padahal menstruasi Moms sedang deras-derasnya. Selain hal itu tidak baik bagi kesehatan daerah kewanitaan Moms, darah menstruasi yang terlalu lama dibiarkan bertemu udara akan menyebabkan bau yang tidak sedap, termasuk di area kewanitaan Moms. Untuk itu, gantilah pembalut secara berkala setidaknya 4 jam sekali ketika menstruasi Moms sedang banyak-banyaknya. Lebih baik lagi jika setiap kali buang air Moms juga berganti pembalut.

source: http://www.kenyaneye.com

2. Jangan Menahan Kencing

Kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan ini terkadang dilakukan Moms yang sedang menstruasi. Alasan malas karena baru saja mengganti pembalut membuat Moms sering menahan kencing dan lebih memilih kencing saat tiba waktunya berganti pembalut. Wah, tentu ini kebiasaan yang enggak baik bagi kesehatan dan kebersihan daerah kewanitaan Moms ya.

baca juga

3. Membersihkan Area Kewanitaan dengan Sabun Khusus

Membersihkan area kewanitaan tentu tidak bisa sembarangan. Moms tidak bisa menggunakan sabun biasa yang memiliki kandungan pH yang tidak sesuai untuk vagina. Sebaiknya Moms gunakan pembersih khusus daerah kewanitaan yang mengandung pH sesuai dengan vagina ya. Jangan lupa pula pembersih ini hanya digunakan di bagian luar vagina, Moms.

source: https://media.mnn.com

4. Mencukur Rambut Kemaluan Menjelang Menstruasi

Hal satu ini seringkali dilupakan Moms, padahal mencukur rambut kemaluan menjelang menstruasi ini sangat penting untuk menjaga kebersihan daerah V saat menstruasi. Jika rambut kemaluan Moms terlalu lebat, pada saat menstruasi akan menyebabkan darah menggumpal di area rambut kemaluan Moms. Tentu sangat kotor dan mengganggu kan, Moms?

baca juga

5. Menggunakan Pakaian Dalam yang Berbahan Nyaman

Saat sedang menstruasi, daerah kewanitaan akan lebih lembab dari biasanya. Oleh karena itu, sebaiknya Moms menggunakan celana dalam yang nyaman berbahan katun. Pemilihan bahan ini karena dapat menyerap keringat sehingga membuat hari-hari Moms saat menstruasi lebih kering dan nyaman.

source: https://i.pinimg.com

Nah, itulah 5 tips menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi. Semoga bermanfaat ya, Moms.