Memijat Perut yang Hamil
Cara pertama berkomunikasi dengan janin adalah dengan memijat perut yang hamil. Jika usia kandungan Moms sudah melewati tiga bulan, maka ini adalah saat yang tepat untuk memulai memijat perut Moms yang sedang hamil. Caranya, usapkan minyak atau losion pelembab pada perut hamil Moms, lalu mulailah pijatan dengan amat lembut. Agar lebih maksimal, sertakan pula aromatherapy agar udara yang Moms hirup juga menenangkan. Ada lho, Moms, aromatherapy khusus untuk ibu hamil yang dijamin tak membuat mual. Perasaan relaks yang dirasakan oleh Moms akan langsung dirasakan pula oleh bayi di dalam kandungan.
 

source: https://www.sandrarolus.com

Mendengarkan Musik
Bayi di dalam kandungan yang sudah mulai bisa mendengar pada usia 18-23 minggu. Tak perlu menempelkan earphone pada perut, cukup dengarkan dengan volume yang normal. Menempelkan earphone pada perut justru berisiko terlalu bising untuk bayi di kandungan Moms. Apa yang didengar oleh Moms, juga dapat didengar oleh bayi Moms, kok. Perkenalkan musik dengan beat yang berbeda-beda dan rasakan reaksinya pada bayi dalam kandungan. Musik dengan beat yang tegas dan stabil cenderung disukai oleh bayi karena terdengar mirip dengan detak jantung Moms. Musik lembut seperti musik klasik akan membuat bayi lebih tenang dan bergerak lambat. Sementara musik menghentak seperti musik rock akan membuat bayi lebih aktif bergerak.
 

source: https://www.huggies.com.au
baca juga

Bercakap dan Bernyanyi
Saat bayi dalam kandungan Moms sudah mulai bisa mendengar, saat itu pula ia mulai belajar mengenai bahasa. Sering-seringlah berkomunikasi dengan bayi dengan mengajaknya bercaka-cakap ya, Moms. Bisa dengan menyapa, memberitahu apa yang sedang Moms makan, atau menceritakan apa yang Moms dan suami lakukan saat itu. Ajak pula suami untuk bercakap dengan bayi di kandungan Moms agar sang bayi juga familiar dengan suara ayahnya. Moms juga bisa membacakan dongeng untuk bayi setiap malam. Selain itu, Moms juga dianjurkan untuk bernyanyi ya, Moms. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mendengar ibunya bernyanyi merupakan cara yang paling efektif untuk pengenalan bahasa bagi bayi di dalam kandungan.
 

source: https://www.sciencedaily.com

Bermain Ketukan
Jika usia kandungan sudah menginjak bulan ke delapan, ini adalah saat yang paling seru untuk berkomunikasi dengan janin. Mengapa? Karena Moms sudah bisa merasakan dengan jelas tendangan dan gerakan bayi di dalam kandungan Moms. Cobalah mengetuk perut Moms dengan lembut dengan menggunakan ujung jari, lalu simak reaksi bayi Moms. Permainan saling mengetuk ini menyenangkan buat Moms dan si bayi. Namun, jika Moms sedang sibuk, seringkali tendangan atau gerakan bayi ini terlewat oleh Moms. Mandilah dengan berendam air hangat yang cenderung agak dingin, buat diri Moms senyaman mungkin, lalu rasakan tendangan dan gerakan dari si kecil di dalam perut Moms.
 

source: http://www.netdoctor.co.uk