Selain imunisasi wajib, imunisasi tambahan juga wajub untuk ketahui. Jika Anda memiliki dana lebih Anda dapat memberikan imunisasi tambahan untuk anak Anda.


1. PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine)
Berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri Streptococcus pneumoniae atau lebih sering disebut kuman pneumokokus. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit radang paru-paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis) dan infeksi darah (bakteremia).

Jadwal pemberian : diberikan sebanyak 3x, diusia 2,4, dan 6 bulan usia anak.

💰 Biaya vaksin ini diatas 700rb. 


2. Rotavirus 
Imunisasi rotavirus bertujuan untuk mencegah infeksi rotavirus. Rotavirus adalah salah satu virus yang paling sering menyebabkan muntah dan diare pada bayi dan anak kecil. Muntah dan diare karena rotavirus bisa berat sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

Jadwal pemberian : jika menggunakan vaksin Rotarix maka vaksin diberikan 2x saat usia 2 bulan dan 4 bulan. Sedangkan jika menggunakan vaksin Rotateg vaksin diberikan 3x saat usia 2,4 dan 6 bulan.

💰 Biaya vaksin ini diatas 250rb


3. Vaksin Influenza
Vaksin ini bertujuan untuk.melindungi anak dari virus influenza. Kadangkala orang meremehkan flu, namun saat seorang anak terserang flu maka dapat dipastikan nafsu makannya hilang, anak tampak lemas bahkan beberapa penyakit akan semakin mudah menyerang anak krna sistem imunitasnya yang melemah.

Jadwal pemberian : bayi diatas usia 6 bulan dan sebaiknya diulang setiap tahun.

💰 Biaya vaksin ini diatas 250rb
​​​​​
​​​​​