Akhir-akhir ini di media banyak sekali kita lihat kasus "luar biasa" tentang perlakuan tidak pantas yang dilakukan oleh seorang ibu kandung terhadap anaknya, hingga kehilangan nyawa sang buah hatinya. Beberapa faktor utama yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah karena sang ibu mengalami stres dan depresi yang tak terselesaikan.

Gejala depresi, kecemasan dan stress merupakan beberapa contoh gangguan kesehatan mental yang disadari atau tidak dapat mempengaruhi kualitas hidup seorang ibu dan keluarganya. Lalu apa yang disebut dengan kesehatan mental?

Kesehatan mental adalah harmonisasi antara jiwa, emosi, pikiran dan perilaku ketika menghadapi situasi baik yang dinginkan maupun yang tidak diinginkan. Orang yang memiliki kesehatan mental mampu memberi makna, membuat makna dan mengambil makna yang baik dalam menjalani kehidupannya.



Source: google.


Ada beberapa faktor kemampuan yang perlu ibu perhatikan untuk tetap waras dan memiliki kesehatan mental antara lain:

1. Memiliki kemampuan untuk menerima diri sendiri maupun kehidupannya di masa lalu dan saat ini.

2. Adanya pengembangan dan pertumbuhan diri (personal growth). Upgrade skill selalu dimana pun dan kapanpun sesuai minat kita.

3. Memiliki keyakinan bahwa dirinya dan hidupnya memiliki tujuan dan punya nilai.

4. Mempunyai hubungan yang  positif baik dengan dirinya maupun orang lain.

5. Memiliki kemampuan untuk mengatur kehidupannya dan lingkungannya dengan baik dan efektif.

6. Memiliki otoritas dan kemampuan untuk bertindak dan membuat keputusannya sendiri tanpa tekanan maupun paksaan orang lain.



Source: google.

Apapun permasalahan yang dihadapi, mari selamatkan jiwamu dan sayangi dirimu sendiri terlebih dahulu agar mampu berjuang dengan baik untuk orang-orang yang kita cintai.

Karena ketika kita menjadi ibu yang memiliki mental yang sehat, kita akan mudah mengekspresikan rasa bahagia, ceria, semangat, penuh kehangatan dengan menunjukkan cinta kasih dan kepedulian terhadap keluarga kita dan lingkungan sekitar 😊


With love,


Elvira Chaerunnisa 💞