1. Pompa ASI Manual

Pompa ASI manual adalah pompa yang digunakan untuk memomp ASI secara manual, alias hanya mengandalkan kekuatan tangan. Pompa jenis ini kelebihannya sangat praktis karena bisa dibawa ke mana pun dan tidak ribet saat dibawa mengingat beratnya yang cukup ringan. Perintilannya pun tidak terlalu banyak sehingga cukup mudah merakit dan membereskannya kembali. Untuk harga, pompa ASI jenis ini juga terhitung murah. Namun kekurangannya, jika sedang memompa ASI, Moms tidak bisa melakukan kegiatan lain karena butuh tenaga dan konsentrasi yang cukup besar saat memompa ASI dengan pompa ASI manual.

source: http://babyempire.net/shop/cherub-baby-australia-natriflow-manual-breast-pump

2. Pompa ASI Elektrik

Kalau pompa ASI jenis ini relatif lebih mudah penggunaannya Moms. Karena bekerja secara elektrik, Moms cukup memasang dan memegangi corong pompanya saja dan biarkan pompa ASI yang bekerja memompa payudara Mommies. Sambil memompa ASI, Moms bisa mengerjakan pekerjaan lain seperti scrolling sosial media atau window shopping di online shop favorit. Untuk ibu bekerja pun sangat cocok karena aktivitas pumping bisa dilakukan bahkan di dalam kubikel. Namun kekurangannya, tidak bisa dibawa ke mana-mana ya, kecuali kalau pompa elektrik Mommies dilengkapi dengan rechargeable battery. Masalah harga, tentu pompa ASI elektrik lebih mahal dibandingkan yang manual. Namun dari segi efektivitas lebih menjanjikan pompa ASI elektrik, Moms. Apalagi jika Moms menggunaka pompa ASI elektrik dengan corong double. Moms bisa benar-benar hands-free saat memompa ASI.

source: https://www.amazon.com/Tommee-Tippee-Single-Electric-Breast/dp/B00BIEYWEW
baca juga

Itu dia jenis-jenis pompa ASI yang biasa digunakan ibu bekerja agar tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. Oh iya Moms, meski penggunaan pompa ASI ini cocok-cocokan alias cocok bagi satu ibu belum tentu cocok digunakan ibu yang lain, namun Moms jangan sampai menggunakan pompa ASI bekas-pakai atau sewa pompa ASI untuk mengetahui tingkat kecocokannya terlebih dahulu ya. Alasannya lebih kepada higienitas dan antisipasi penularan penyakit, Moms. Kalau pompa ASI andalan Mommies yang mana nih?