Pilih Botol Susu dan Dot yang Terbuat dari Bahan yang Aman


source: https://www.momtricks.com/

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa botol bayi terbuat dari bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk Si Kecil, seperti Bisphenol A (BPA). BPA ini merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam proses pembuatan botol susu plastik agar botolnya terlihat lebih jernih dan mengeraskan plastik agar tidak gampang pecah. Jika zat BPA masuk ke dalam tubuh, hal ini tentu dapat menimbulkan efek yang membahayakan kesehatan Si Kecil.
 
Bahkan, pada tahun 2012 Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) sudah melarang penggunaan BPA ini dalam produksi botol bayi. Karena itu, pilihlah botol yang memiliki label BPA-Free ya, Moms. Selain BPA-Free, hindari juga memilih botol plastik dengan keterangan PC (polycarbonate) atau keterangan nomor 7 karena botol ini mengandung BPA. Sebaiknya, pilihlah botol susu yang terbuat dari polietilen atau polipropilen yang terlihat sedikit buram.
 
Sementara untuk dot bayi, Moms bisa memilih dot berbahan lateks yang lebih lembut dan fleksibel. Tapi jika ternyata Si Kecil alergi dengan lateks, Moms bisa memilih dot berbahan dasar silicon.


Pilih Bentuk Botol Susu dan Dot yang Sesuai


source: https://shrewdmommy.com/

Memilih bentuk botol susu dan dot bayi juga sangat penting untuk diperhatikan, Moms. Pemilihan bentuk botol dan dot yang tepat dapat membuat Si Kecil merasa lebih nyaman saat menggunakannya. Moms bisa memilih bentuk botol susu yang mudah untuk digenggam oleh Si Kecil, serta sesuaikan ukurannya dengan usia Si Kecil. Semakin besar usia Si Kecil, semakin besar juga botol susu yang diperlukan karena kebutuhan susunya juga akan semakin meningkat. Untuk bayi, botol susu ukuran 50 ml saja sudah cukup, dan tingkatkan ukuran botol seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil.
 
Kemudian untuk memilih bentuk dot bayi, sebaiknya pilih dot dengan ujung datar dan lebar karena lebih mirip dengan puting payudara. Moms bisa memilih dot ortodontik khusus dibentuk sesuai dengan kebutuhan bayi dan dapat menyesuaikan dengan langit-langit serta gusi Si Kecil, sehingga dapat membuat Si Kecil merasa lebih nyaman saat menggunakan dot.

baca juga

Itu dia Moms hal-hal yang bisa kamu perhatikan ketika memilih botol susu dan dot bayi. Selain memilih botol dan dot yang tepat, penting juga buat Moms untuk selalu menjaga botol dan dot bayi agar tetap steril dan higienis. Kalau selama ini Moms hanya mensterilkan botol dan dot bayi dengan cara merebusnya atau merendam di dalam air panas, hal ini tidak cukup membunuh bakteri lho. Karena itu, Moms bisa menggunakan dish sterilizer yang dapat membunuh kuman secara efektif.

                                                           Panasonic Dish Dryer D-Sterile FD-S03S1

Nah, Panasonic Dish Dryer D-Sterile ini bisa menjadi pilihan terbaik Moms karena dapat melumpuhkan kuman, bakteri, dan jamur yang terdapat pada botol susu dan dot bayi. D-Sterile ini mampu memanaskan botol susu, dot, dan peralatan makan dengan suhu hingga 70 derajat Celcius, sehingga berbagai bakteri yang biasa ditemukan pada alat makan dapat diatasi. Alat ini juga sudah teruji dapat melumpuhkan bakteri E-Coli penyebab diare, serta Staphylococcus penyebab keracunan makanan dan infeksi kulit yang sering ditemukan di perlatan makan keluarga, termasuk botol susu dan dot bayi. Jadi, Moms bisa melindungi kesehatan Si Kecil dan keluarga dengan lebih optimal.