Mencari Tahu Sumber Penyebabnya


source: https://www.instagram.com/kcstauffer/

Jika Si Kecil tiba-tiba sulit diajak tidur, cobalah untuk mencari tahu sumber penyebabnya. Apakah karena keadaan ruangan, atau karena Si Kecil merasa insecure atau khawatir akan sesuatu. Biasanya, mimpi buruk atau masalah yang dihadapi anak di siang hari (berkelahi dengan teman, menonton film horror, bullying) bisa membuat Si Kecil merasa cemas di malam hari dan kesulitan untuk tidur. Jadi, pastikan untuk mengecek segala sesuatunya dengan Si Kecil dan memastikan jika ia tidak mengalami masalah.


Terapkan Rutinitas Sebelum Tidur


source: http://blog.bay-bee.co.uk/

Tahukah Moms jika rutinitas sebelum tidur bisa membuat Si Kecil merasa lebih rileks dan nyaman di malam hari? Karena itu, Moms bisa mulai memperkenalkan rutinitas tidur pada Si Kecil seperti menyikat gigi dan membacakan cerita sebelum tidur. Lakukan rutinitas ini 30 menit sebelum jam tidur, dan kemudian ajak Si Kecil untuk tidur. Jika Si Kecil masih belum bisa tidur, Moms bisa mencoba membuatnya tenang dengan mengusap punggung Si Kecil dan menyanyikan lullaby. Selain efektif menghantarkan anak tidur, cara ini juga bisa mempererat bonding Moms dengan Si Kecil.

baca juga


Ciptakan Suasana Kamar yang Tenang dan Nyaman


source: https://id.pinterest.com/

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suasana kamar yang kurang nyaman juga dapat menyebabkan anak sulit tidur. Oleh karena itu, cobalah untuk menciptakan suasana kamar yang tenang dan nyaman agar Si Kecil dapat tidur dengan cepat. Selimut yang lembut, cahaya lampu yang redup, serta boneka kesayangan dapat membuat Si Kecil merasa nyaman. Selain itu, menjaga suhu dan udara kamar agar tetap segar juga dapat membantu anak cepat terlelap lho, Moms. Untuk menjaga kesegaran udara ruangan, Moms bisa mencoba produk air purifier seperti Panasonic Air Purifier.

                                                                 Panasonic Air Purifier seri F-PXJ30A

Panasonic Air Purifier ini dapat menjaga sirkulasi udara ruangan agar selalu segar dan nyaman, serta menangkap bakteri dan virus yang terdapat di udara dengan teknologi nanoeTM. Yes, air purifier ini memang menggunakan teknologi nanoeTM, teknologi yang hanya dimiliki oleh Panasonic. Teknologi nanoeTM yang terdapat pada Panasonic Air Purifier selain dapat melawan bakteri dan virus, tetapi juga dapat menghilangkan bau tak sedap di ruangan. Jadi, Si Kecil bisa lebih merasa nyaman berada di kamar.
 
Canggihnya lagi, air purifier ini juga dilengkapi dengan teknologi House Dust Cather yang dapat menyedot debu yang terdapat pada lantai dengan kuat, sehingga Si Kecil bisa aman bermain di lantai. Oh iya, Panasonic Air Purifier juga mudah dipindahkan ke mana saja lho (easy portable), jadi Moms bisa dengan mudah memindahkannya sendiri.

baca juga


Ajarkan Si Kecil tentang Self-Soothing


source: https://id.pinterest.com/

Mengajarkan Si Kecil tentang konsep rileksasi untuk dapat menenangkan diri sejak dini juga bisa membantu Si Kecil ketika sulit tidur lho. Moms bisa mulai mengajarkan Si Kecil untuk menarik napas panjang ketika sedang merasa cemas atau cara menenangkan diri lainnya. Dengan ini Si Kecil dapat menenangkan dirinya sendiri dan memberikannya rasa percaya diri.