Ada waktunya ketika si kecil mulai tumbuh gigi. Gusi yang membengkak membuat anak mom akan merasakan tidak nyaman pada mulutnya. Merasakan ketidak nyamanannya pada gusi yang akan tumbuh gigi, kebanyakan mom akan mengalihkan dengan memberikan teather. Tapi kebanyakan anak lebih memilih untuk meminta nenen pada ibunya.



Ketika anak mom mengalami pembekakkan pada gusinya dan meminta nenen pada mom. Tidak asing lagi anak akan mengigit-gigit puting payudara mom. Hal itu membuat para mom mengeluh kesakitan yang rasanya sungguh sakit sekali. Banyak mom ketika digigit puting payudaranya oleh anak mereka akan mencabutnya secara spontan. Hal itu akan berakibat semakin sakitnya puting payudara mom karena dipaksa untuk keluar dari mulut anak mom dan dapat berakibat juga bakal tumbuh gigi anak mom akan tidak bagus. Ada juga mom yang digigit putingnya oleh anaknya langsung spontan memarahinya sehingga anak trauma untuk menyusu dengan mom.

Bila mom mencabut puting payudara mom secara langsung akan berakibat gigi anak yang akan tumbuh tidak bagus melainkan akan miring ataupun maju. Posisi gigi tidak akan sejajar yang bagus pada umumnya. Cara yang sebaiknya mom lakukan ketika anak mulai mengigit-gigit puting payudara mom adalah dengan memencet hidung anak sehingga anak membuka mulutnya dan mom akan lebih gampang untuk menarik puting mom. Memaksakan mengeluarkan puting mom yang sedang digigit anak mom juga dapat berakibat luka pada bagian puting mom. Itu akan lebih nyeri bila menyusui anak mom.



Apalagi jika anak mom sudah mempunyai gigi yang banyak rasanya justru lebih sakit lagi. Cara anak mengunggapkan ketika tidak nyaman akibat akan tumbuh gigi, ketika dia sedang haus (tidak mau berhenti menyusui), dan ketika anak sedang tidak enak badan. Mereka akan lebih sering meminta mom untuk menyusuinya dan mompun harus bersiap-siap dengan gigitan anak mom.

Menyusuilah dengan gembira. Dengan gembira asi yang akan berlimpah dan anak mom akan sehat selalu. Digigit ketika menyusui anak mom merupakan hal yang wajar. Semua mom yang mengASIhi akan mengalami itu. Sebagai mom yang bijak harus menanggapinya dengan sabar 😊