Tips Pintar 1 : Jadwal Kerja Membantu Kamu Lebih Bisa Mengatur Waktu

Bekerja dari rumah juga tidak bisa jauh-jauh dari tenggat waktu, target dan jadwal. Apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang terkait dengan dunia kreatif. Jadwal kerja seperti layaknya kamu kerja kantoran akan membantu kamu mengatur waktu. Siapkan kertas atau papan yang bisa kamu lihat setiap waktu. Cobalah kerjakan satu atau dua pekan, dan lihat apa saja hal-hal yang harus kamu prioritaskan segera. 

Kosongkan waktu saat kamu sudah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, si kecil memiliki waktu bermain atau saat si kecil  sekolah. Meski itu hanya 60 menit sehari, tapi waktu itu harus kamu optimalkan untuk bekerja. Tidak harus siang hari ya Moms, kamu bisa juga mengatur waktu kapanpun kamu bisa fokus dan tugas rumah tangga sudah selesai. 
source: http://media.womanista.com/2016/08/mother-working-from-home-and-holding-her-baby-000087852943-full--32840.jpg

Tips Pintar 2 : Atur Prioritas dan Berusaha Fokus

Masalah terbesar bagi kamu yang bekerja di rumah adalah pemecah fokus. Duh, tahukan Moms, bagaimana kita terbiasa mengerjakan segalanya bersama-sama?

Kita tidak akan jauh-jauh dari laptop dan online saat bekerja, itu artinya kemungkinan kamu untuk membuka media sosial terbuka lebar. Membuka laptop jjuga sama artinya dengan melirik file film, nah itu juga gangguan yang harus di singkirkan saat bekerja. 

Bekerja dari rumah juga terkadang membuat kita kebingungan peran apa yang harus kita prioritaskan, mengingat bisa saja si kecil menarik perhatian kita atau ada kebutuhan mendesak yang harus kita selesaikan.

Nah Moms, prioritas dan fokus adalah hal wajib bagi kamu! Saat kamu komitmen bekerja di waktu yang sudah kamu sediakan, maka fokuslah bekerja. Saat kamu harus bermain dengan si kecil, maka buang jauh-jauh gadget dan bermainlah sepuasnya dengan si kecil. Jika si kecil mendadak ingin bermain dengan kamu saat kamu sedang fokus bekerja, luangkan waktu beberapa menit menemaninya bermain atau siapkan dua fokus : menemaninya bermain sembari bekerja! Penuh tantangan? Pasti Moms.Tapi ketika kamu konsisten, maka keluarga kamu pasti akan menghargai waktu yang kamu luangkan. 

source: https://ugc-01.cafemomstatic.com/gen/constrain/500/500/80/2014/09/10/14/em/5f/po61iclg081d1tc.jpg
baca juga

Tips Pintar 3 : Ciptakan Tempat Kerja Khusus yang Menyenangkan

Ruang kerja khusus atau space khusus sangat membantu kamu merasa sedang benar-benar bekerja. Kamu tidak perlu membuat sebuah ruang kerja layaknya ruang kerja di kantor Moms. Cukup sediakan space kcil seperti meja, kursi atau peralatan lain yang mendukung pekerjaan kamu di pojok ruangan. Ruang kerja yang berbeda dengan urusan rumah tangga akan membantu kamu mengalihkan fokus saat waktu bekerja di mulai. Agar lebih mudah, kamu bisa menyiapkan tempat kerja dekat dengan tempat anak-anak bermain. 

source: http://todaysworkathomemom.com/wp-content/uploads/2013/01/Living-room-with-work-space.jpg

Tips Pintar 4 : Mendapat Sesuatu dan Melepas yang Lainnya.

Meski terdengar sebagai ide cemerlang, saat kamu memutuskan untuk bekerja dari rumah tidak semua hal yang kamu rencanakan bisa kamu lakukan Moms. Kamu harus mulai memisahkan hal apa saja yang harus kamu kerjakan sesuai dengan keterbatasan waktu. Hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kamu, meski itu adalah hobi kamu sebelumnya, bisa saja hilang. Kamu juga mungkin kehilangan waktu untuk bersantai dan bersenang-senang dan harus menyiapkan tenaga ekstra. 

Kita tidak harus menjadi manusia super kan Moms? Termasuk ketika target pekeraan rumah tangga kita tidak berjalan mulus. Atau bahkan target pekerjaan tidak sesuai apa yang kita harapkan. Sering-seringlah berdamai dengan diri sendiri. Siapkan rencana cadangan  seperti menyiapkan list catering harian jika kamu tidak sanggup memasak atau carilah asisten rumah tangga untuk meringankan pekerjaan kamu. Pastikan bahwa keluarga adalah hal paling penting dalam 24 jam waktu yang kamu miliki,

 
source: https://images.parents.mdpcdn.com/sites/parents.com/files/styles/scale_1500_1500/public/images/550_101952224_w.jpg
baca juga

Tips Pintar 5 : Rehat Sejenak atau Keluar Rumah Membuatmu Segar Kembali

Memang bekerja di rumah memiliki waktu sangat terbatas tapi bukan berarti kita tidak sempat tidur barang sejenak atau menonton acara favorit kita kan Moms? Tetapkan time out saat pekerjaan kamu sedang menumpuk lalu lakukan hobi kamu. 

Jangan pernah mengambil terlalu banyak waktu tidur kamu. Jika kamu hanya bisa bekerja saat tengah malam, maka stop it now! Kekurangan tidur hanya akan membuat hari esok lebih melelahkan dan kamu akan kehilangan konsentrasi dalam melakukan kewajiban kamu, rumah dan keluarga plus energi untuk pekerjaan esok hari. Lebih baik, tidur lah lebih awal dan bangun sebelum subuh.
Bekerja dari rumah juga tidak berarti membuat kamu terputus dari dunia luar Moms. Keluar rumah akan membantu kamu lebih segar, selain olah raga atau bermain bersama keluarga di taman, kamu juga bisa meminta waktu kepada suami dan anak untuk keluar rumah bersama beberapa orang teman.


 
source: http://www.be-the-change.org.uk/wp-content/uploads/2014/06/Couch-woman-work-life-balance.jpg

Gimana Moms, siap kerja di rumah?