Demam bukanlah sebuah penyakit, tetapi demam adalah indikasi dari suatu penyakit. Saat seseorang terkena infeksi virus, bakteri atau luka seseorang dapat segera demam, karna saat demam sebenarnya tubuh sedang mempertahankan diri dari sakit tersebut.

Namun demam pada bayi jika tidak diatasi dengan baik dapat berdampak buruk pada bayi tersebut. Dampak jika demam tidak segera di atasi adalah suhu tubuh anak akan semakin meningkat, jika terus meningkat anak dapat mengalami step.

Berikut merupakan cara ampuh mengatasi bayi saat demam :
1. Cek Suhu Tubuh Bayi

Pastikan termometer Anda berfungsi dengan baik. Saat suhu bayi menunjukkan angka diatas 37,5 derajat celcius itu tanda nya bayi Anda demam. 

2. Berikan Obat Penurun Panas
Jika suhu tubuh bayi Anda diatas 38 derajat celcius Anda dapat segera memberikannya obat penurun panas. Paracetamol aman diberikan kepada bayi. 

3. Kompres

Segera kompres bayi Anda, saat ini banyak kompres yang dijual di minimarket terdekat. Anda sapat menempelkannya di pundak belakang atau dahi bayi Anda. Tujuannya agar panas tubuh bayi Anda terserap.

4. Skin to Sin Contact

Cara ini diyakini ampuh oleh banyak kalangan, karena suhu tubuh anak yang panas akan diserap oleh suhu tubuh ibu atau ayah. Cara nya adalah lepaskan pakaian ibu atau ayah dan pakaian bayi. Biarkan dada bayi menempel nyaman pada dada ayah atau ibu. Lakukan ini 15-30 menit.

Jika panas tidak kunjung hilang dalam waktu 2x24 jam segera bawa bayi Anda ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika ada tanda-tanda lain seperti pilek, batuk atau ruam pada tubuh bayi dan bayi menangis sepanjang hari segera bawa bayi Anda ke dokter.

Salam sehat