Siapa disini Moms yg shock dengan biaya pendidikan anak zaman now? Cung! 

Saya salah satunya. Udah panik aja sama biaya pendidikan anak. Kalo mau ambil gampangnya, kita bisa aja ke sekolah negeri yg mana biayanya nol rupiah ya moms. Tp pendidikan sebelum sd nya itu loh, ada playgroup, ada TK 😂😂 dimana uang pangkalnya aja lumayan banget loh! 

Saya udah ngomong soal pendidikan anak ini ke suami dari masih hamil, karna yaa pendidikan itu nomor satu gengs! Saya gamau anak saya kepentok ga bisa masuk sekolah yg paling bagus menurut saya dan suami, tetapi ga ada dananya. Saya gamau banget. Jadi saya prepare ini udah dari lama. 

Lalu apa yg saya lakukan? Sejak anak saya lahir, saya buka tabungan khusus untuk pendidikan mauza. Setiap bulan saya auto-debet dengan nominal yg sama. Patokannya apa sih nominalnya itu? Ga ada! Serius, saya ga punya dasar kenapa saya auto-debet sekian rupiah untuk biaya pendidikan anak. Karna mikirnya yg penting ada dulu, lalu karna saya belum survey sekolah mana yg saya pengenin buat anak saya. 

Efek ga hal ini? InsyaAllah, kalo ikhtiar buat anak. Auto-debetnya anggap aja uang hilang. Jadi tiap bulan udah ga ada itu duitnya untuk yg lainnya. Sistem auto-debet ini berguna banget buat orang orang kaya saya, yg ga bisa liat duit anteng di rekening 😂😂 (please jangan dicontoh ya!)


Lalu auto-debetnya didiemin aja atau di investasikan? Ini semua terserah moms, kalau saya, saya investasikan. Beberapa produk investasi yg bisa moms lirik, antara lain:

1. Deposito. Siapa yg gatau deposito? Ini udah jadi salah satu media buat nyimpen duit dari zaman emak kita masih kecil kali ya?

2. Emas. Ini juga. Orang jaman dulu banget lah, investasi ya beli emas aja! Lalu emas ini kalo disimpen dalam waktu yg lama, value nya akan lebih tinggi lagi! Bagaikan tanah gengs!

3. Reksadana. Jenis investasi zaman milineal, hihi. Ada beberapa tipe RD. Dipilih aja sesuai kebutuhan. Mau belinya juga gampang banget kok. Tinggal ke bank kustodian, lalu buka rekening

4. Saham. Sejujurnya, kalo ga terlalu paham banget sama dunia perbursaan, mending jangan. Karna resikonya tinggi sekali, well returnnya juga tinggi sih. Jadi setimpal lah ya. 


Nah moms, sudahkah kalian siap menyiapkan dana pendidikan anak? 😊😊

xoxo,
Ummu Mauza