Moms, mengganti popok si kecil itu perkara yang gampang-gampang susah, kalo liat neneknya yang gantiin popok si kecil kayanya gampang banget, asal buka, angkat kaki, bersihkan udah deh selesai tinggal pake popok baru. Tapi pas prakte langsung kok rasanya deg-degan ya, apalagi newborn, duh mau geser kakinya aja ngeri-ngeri sedep gitu deh, hehehe
Anyway, setelah aku baca-baca dan ikut kelas caring newborn ternyata mengganti popok si kecil juga ada step yang harus dan tidak harus dilakukan ya Moms agar si kecil terhindar dari iritasi kulit akibat ruam popok.


 
1. CARA MENGGANTI POPOK BAYI
Pertama kita harus memastikan semua perlengkapan sudah siap ya Moms, mulai dari popok bersih yang akan dipakai, air hangat atau baby wipes, handuk halus atau tisu halus. Kemudian kita dapat langsung mengangkat kaki si kecil dengan satu tangan. Saat posisi diangkat, moms bisa langsung membersihkan kotoran si keci dengan baby wipes atau tisu basah khusus bayi. Pengecualian, jika bayi mengalami iritasi kulit akibat pemakaian tisu basah, Moms bisa gunakan lap atau handuk halus. Basahi kapas halus atau lap halus dengan air hangat, lalu bersihkan kotoran dari bagian depan (vagina) ke belakang. Pastikan moms tidak menggosoknya terlalu keras.

Gunakan lap, handuk, kapas, atau tisu satu kali pemakaian dalam satu usapan, jangan sampai kotoran si kecil justru tercecer ke area lain karena terbawa lap atau handuk tersebut. Bersihkan pula area lipatan kulit bayi, kotoran yang tertinggal dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika perlu, Moms bisa mengoleskan diaper rash cream untuk mencegah ruam popok. Keringkan dengan lap atau handuk kering dan lembut setelah semuanya bersih. Segera pakaikan popok pada bayi.
Nah Moms, cara membersihkan dan mengganti popok bayi pada baby boy and baby girl sebenarnya tidak banyak berbeda, hanya saja pada baby boy, Moms tetap perlu menutup bagian genitalnya (venis) dengan kain atau popok yang hendak diganti untuk mencegah si bayi kencing lagi dan tidak menyemprot orang dihadapannya.


 
2. MENGGANTI POPOK BAYI DI MALAM HARI
Bayi baru lahir memang masih sering tertidur namun sering juga ia merasa lapar di malam hari. Tangisan bayi menjadi salah satu kodo untuk Moms saat ia merasa haus dan lapar atau tidak nyaman karena popok basah. Nah, bagaimana menyiasati mengganti popok pada malam hari ya Moms?

Saat si kecil menangis pada malam hari, Moms bisa menyusui si kecil terlebih dahulu hingga ia kenyang dan tertidur kembali. Barulah Moms dapat mengganti popoknya, namun hal ini dapat mengganggu tidur si kecil sehingga dapat membuatnya terbangun kembali. Solusi berikutnya, Moms juga bisa memakaikan popok sekali pakai untuk mengurangi rewel saat tidur pada malam hari. Namun, hati-hati pemakaian popok basah pada si kecil yang mudah mengalami ruam popok.
 


3. BAGAIMANA JIKA SI KECIL MENGALAMI RUAM POPOK?
Jika si kecil mengalami iritasi kulit akibat gesekan popok atau dikenal dengan ruam popok, Moms perlu sering mengganti popok bayi saat ia basah. Jangan membiarkan terlalu lama karena akan memperparah kondisi kulit si kecil. Moms juga dapat mengangin-anginkan area kulit yang terkena ruam popok agar tidak selalu lembab. Oleaskan krim atau salep atas rekomendasi dokter untuk mengobati dan mencegah ruam popok datang kembali.
 
Happy Changing Baby Diapers, Moms...