Halooo Mommies,

Memilih sekolah yang baik dan pas untuk anak sepertinya gampang-gampang sulit. Karena bukan hanya perkara sekolah tersebut bagus dan terkenal namun kita juga harus mempertimbangkan perihal kurikulum, teknik pengajaran dll. Sekolah yang pas dan cocok bagi kriteria dan kemampuan anak kita adalah bagian yang paling penting. Lalu apa saja sih moms do dan don’t yang harus kita lakukan dan pertimbangkan dalam mencari sekolah yang terbaik untuk anak?



Berikut ini 5 do dan don’t nya :
 
DO

1. Carilah sekolah sesuai dengan kemampuan anak
Bagian ini sangatlah penting karena setiap anak mempunyai kemampuan juga minta yang berbeda. Sehingga memilih sekolah yang pas untuk anak harus dipertimbangkan secara matang yah moms.

2. Jarak tidak terlalu jauh dengan rumah
Mencari sekolah atau playgroup yang tak terlalu jauh dengan rumah juga harus dipertimbangkan. Mengingat anak mudah sekali bosan jadi jangan sampai anak merasa bosan diperjalanan apalagi perjalanan yang kita tempuh hingga sekolah diwarnai oleh kemacetan. Jadi kebayangkan moms gimana kalau pulang pergi ke sekolah selalu bertemu dengan kemacetan? Maka dari itu carilah sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah agar kita bisa meminimalisir bertemu dengan kemacetan.

3. Sesuaikan dengan budget
Ingat moms sekolah bagus tidak harus mahal. Carilah sekolah yang sesuai dengan budget kantong kita ya moms jangan sampai memaksakan kehendak apalagi agar hanya anak terlihat keren sekolah di tempat yang mahal. Mencari sekolah bukan hanya perkara agar anak kita terlihat keren, justru agar anak kita mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.

4. Suasana lingkungan yang aman dan nyaman
Memilih sekolah dengan lingkungan yang aman dan nyaman juga dapat membuat anak menjadi betah di sekolah moms. Lingkungan sekolah yang aman pun membuat kita para orangtua tidak terlalu cemas saat meninggalkan anak di sekolah. Karena memang orangtua  tidak sepatutnya ikut dan mengawasi anak saat sekolah, selain membuat anak menjadi tergantung dengan orangtua juga membuat anak tidak fokus saat sesi belajar mengajar berlangsung.

5. Pilihlah sekolah dengan teknik mengajar yang paling cocok dengan anak
Saat ini banyak sekali pilihan sekolah dengan teknik mengajar yang berbeda. Nah para orangtua juga bisa memilah-milah  sekolah mana yang cocok dengan anak kita. Apalagi untuk playgroup carilah sesuai dengan kriteria anak kita agar anak kita mau bermain dan belajar di sekolah tersebut dan tidak mogok masuk sekolah.
 
DON’T
 
1. Memaksakan anak masuk ke sekolah pilihan orangtua
Orangtua seharusnya mengerti apa yang terbaik untuk anaknya. Dengan memaksakan anak masuk ke sekolah yang dipilih orangtua  tidak baik untuk dilakukan. Karena belum tentu sekolah yang kita pilih itu sesuai dengan kemampuan anak kita dan cocok dengan kriteria anak kita. Carilah informasi sekolah  sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan ya moms.
 
2. Memaksakan kemampuan finansial
“Demi anakku berhasil aku mau sekolahkan anakku ke sekolah yang paling mahal”. Nah kalau kemampuan finansial cukup sih monggo.. Tapi kalau tidak lebih baik tidak usah mencari sekolah yang diluar batas anggaran kita. Namun sebenarnya sekolah mahal tidak menjadi patokan seorang anak menjadi berhasil.

3. Hanya karena sekolah nya keren
Ini yang sangat sering terjadi saat ini. Hanya karena terbujuk iming-iming teman atau tetangga yang menyatakan bahwa sekolah ‘A’ bagus sekali moms masukkan saja anak kita kesana tanpa survey atau memiliki informasi sebelumnya. Jika ternyata sekolah ini tidak cocok dengan anak kita maka anak pun tidak akan betah sekolah disana.

4. Berharap agar anak lekas serba bisa
Nah namanya juga sekolah ya moms pasti anak belajar secara perlahan-lahan. Jadi jangan terlalu besar ekspektasi menginginkan anak kita serba bisa secara instan. Bukannya tidak bisa, namun semuanya butuh proses ya moms.

5. Cari sekolah dengan pergaulan yang positif
Kita sebagai orangtua pasti tidak mau anak kita terpengaruh akan hal-hal atau pergaulan yang tidak baik. Lebih baik selagi mencari informasi sekolah tersebut kita juga dapat sekaligus mencari informasi tentang pergaulan disekolah tersebut. Lebih baik mencegah bukan moms hehe.
 
Nah itu dia ya moms 5 DO dan DON’T dalam mencari sekolah untuk anak. Semoga bisa membantu moms yang lagi pada galau nentuin pilihan yah.



Semoga bermanfaat dan see you on my next post :)