1. Hidup Hemat

Untuk bisa survive menghadapi kenyataan sebagai sandwich generation tentu Moms dan Dads harus bisa hidup hemat. Hemat di sini berarti memprioritaskan kebutuhan dibanding keinginan. Selalu alokasikan pendapatan untuk orangtua yang perlu dibantu. Hal ini mungkin tidak mudah bagi Moms dan Dads yang berpenghasilan pas-pasan namun percayalah, tidak ada yang salah untuk selalu membantu orangtua.

source: http://framepool.com

2. Dana Darurat

Selain hidup hemat, Moms dan Dads juga harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat. Sisihkan sedikit demi, sedikit dana sehingga jika ada suatu hal di luar dugaan Moms dan Dads lebih siap menghadapinya.

baca juga

3. Tabungan Hari Tua

Tentu saja Moms dan Dads tidak ingin "nasib" menjadi sandwich generation terulang kepada anak-anak kelak. Untuk itu Moms dan Dads harus menabung dari sekarang untuk hari tua yang lebih nyaman. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga, menjaga pola makan dan rutin melakukan medical check-up. Semua itu demi hari tua yang bahagia, Moms Dads.

source: https://amazonaws.com

4. Penghasilan Tambahan

Mungkin dengan hidup hemat dan menabung belum cukup untuk survive sebagai sandwich generation. Kalau sudah begitu, inilah saatnya Moms dan Dads menambah penghasilan tambahan. Mungkin Moms dan Dads bisa memulai bisnis yang sesuai dengan passion Moms dan Dads, atau bisa juga dengan memulai bisnis skala kecil dengan menjadi reseller suatu produk.

baca juga

5. Tak Melulu Uang

Saat semua hal sudah dilakukan, namun belum memberikan hasil nyata alias suatu saat Moms dan Dads benar-benar kepepet tidak bisa memberikan apa-apa kepada orangtua, masih ada dua hal yang bisa Moms dan Dads berikan. Cinta dan perhatian tulus Moms dan Dads kepada kedua orangtua semoga bisa meluluhkan hati mereka sehingga memaklumi bahwa anak-anak mereka pun sedang butuh uang. Namun jangan sampai Moms dan Dads berpura-pura kekurangan hanya karena tidak mau membantu orangtua yang kekurangan.

source: http://thestir.cafemom.com

Memang terkadang hidup berjalan tidak sesuai harapan. Namun selalu ada hikmah yang bisa diambil dari setiap perjalanan hidup Moms dan Dads, termasuk menjadi sandwich generation. Semoga Moms dan Dads selali diberi kekuatan untuk bisa menjalaninya dengan ikhlas ya.