Bayi yang tumbuh sehat dan ceria serta tanggap merupakan tanda dari a happy baby atau bayi yang bahagia. Saat masih dibawah 7 bulan, bayi memang cenderung masih nurut apa yang dilakukan orangtuanya, mandi ya mandi, tidur ya tidur. Nafeesa kebetulan sudah bisa berjalan saat memasuki usia 8 bulan sehingga butuh kesabaran dan trik yang jitu untuk merebut hatinya supaya mau nurut apa kata mamanya. And it doesn’t work, dia kabur-kaburan saat diajak mandi, apalagi tidur siang. Padahal masih 8 bulan loh...

Setiap pagi selalu ada drama tangisan Nafeesa saat diajak mandi. Setelah dipelajari ternyata kesalahan memang ada pada saya, saya tidak konsisten dalam membuat jadwal untuk Nafeesa. Misalnya saja, mandi pagi, terkadang saya mengajak Nafeesa mandi jam 7 pagi, pada saat weekend bisa jadi jam 8 atau lebih siang. Begitu pula tidur siang, saat weekend saya sering melewatkan tidur siang sementara saat weekday ia harus tidur siang. Kalo menurut dokter anak disalah satu rumah sakit di Jakarta mengatakan bahwa, bisa saja si anak mengalami kebingungan karena jadwal yang tidak teratur. Saat mendapatkan masukan serta saran, kemudian saya segera memperbaiki pola dan jadwal Nafeesa terutama yang membuat dia rewel saat mengerjakannya, seperti mandi pagi, makan, serta tidur siang.

Saat Nafeesa kelelahan bermain atau kurang menyemil, otomatis ia nagih sendiri seperti minta makan atau nambah porsi makan beratnya, termasuk juga tidur siang saat ia kelelahan tanpa diminta pun ia tiudr dengan sendirinya namun seperti yang sudah saya katakan, ada saja momen dimana anak menolak.
 
1. MANDI PAGI
Karena saya juga working Moms, jadi setelah saya selesai menyiapkan sarapan dan makan siang, barulah saya mengajak Nafeesa mandi pagi yaitu sekitar jam 7 pagi untuk ukuran paling siang yaitu sekitar jam 7.30. Sehingga Nafeesa bisa langsung sarapan dan bermain bersama temannya saat saya berangkat kerja.



 
2. JADWAL TIDUR 
Seringkali Nafeesa melewatkan tidur siang atau justru malah kesorean tidurnya. Penyebabnya sih tidak lain dan tidak bukan yaitu karena ia masih pensaran dan asyik dengan mainannya. Solusi yang saya lakukan yakni mengajak Nafeesa untuk membersihkan diri seperti mencuci tangan dan kaki, kemudian mengajaknya melakukan permainan di dalam rumah yang tidak terlalu banyak melibatkan aktifitas gerak tubuh, Moms bisa pilih mendengarkan lagu bersama si kecil, menyanyikan lagu pengantar tidur, membacakan cerita atau melihat foto-foto kecil saat si kecil masih bayi. Menciptakan suasana yang nyaman jika perlu saya mengganti baju Nafeesa terlebih dahulu. Dan tentu saja, kita harus menetapkan jadwal tidur siang agar konsisten.



 
3. JADWAL MAKAN
Mulai dari sarapan, makan siang, snaking time hingga makan malam, usahakan untuk tetap dan konsisten ya Moms. Jika sudah mendekati waktunya makan berat maka kurangi memberikan si kecil camilan dan hindari memberikan susu terlebih dahulu agar ia tidak merasa kenyang terlebih dulu.



Sejak saya mencoba menerapkan dengan konsisten jadwal diatas, penolakan dan rengekan saat akan mandi, makan dan tidur siang pun mulai berkurang. Nafeesa sudah mulai terbiasa dengan siklus barunya.