Pertumbuhan Normal

Berdasarkan standar yang disarankan WHO, berat badan dan tinggi badan normal anak usia 3-4 tahun adalah sebagai berikut ;

Laki-laki :
Berat badan 11.3 - 18.3kg (Optimal:14.3kg)
Tinggi badan 88.7 - 103.5cm (Optimal:96.1cm)
Perempuan
Berat badan 10.8 - 18.1kg (Optimal:13.9kg)
Tinggi badan 88.7 - 103.5cm (Optimal:96.1cm)

source: http://pedihc.com/wordpress/wp-content/uploads/2017/08/growthchart.jpg

Moral dan Agama

  • Anak dapat mengetahui perilaku benar dan salah, meskipun belum selalu dilakukan
  • Anak dapat meniru doa pendek dan cara beribadah berdasarkan agamanya
  • Mengerti arti kasih sayang dan ciptaan Tuhan
baca juga

Perkembangan Bahasa

Jika sebelumnya anak kamu cenderung pendiam, kemungkinan anak kamu akan mengalami perubahan saat usia 3 sd 4 tahun, karena mereka mulai memiliki kemampuan untuk :

  • Say Hai! atau menyebutkan nama dan usianya
  • Berbicara 250 sd 500 kata
  • Mampu menjawab pertanyaan sederhana
  • Berbicara dalam satu kalimat 5 atau 6 kata, atau berbicara dengan kalimat lengkap pada usia 4 tahun
  • Berbicara lebih jelas
  • Mampu bercerita dengan cerita sederhana.

Perkembangan Kognitif

Anak kamu akan sering bertanya tentang segala hal yang menarik baginya, hal ini di dorong karena perkembangan kognitifnya 

  • Mampu menyebutkan warna dengan benar 
  • Memahami konsep sama dan berbeda
  • Mampu berpura-pura dan memainkan peran
  • Mengikuti tiga bagian perintah
  • Mengingat bagian dari sebuah cerita 
  • Mampu menjawab kemungkinan akan sesuatu
  • Memahami waktu dengan lebih baik seperti pagi, sore, atau malam hari
  • Memahami konsep hitungan dan bilangan 1 sd 10
  • Memisahkan benda dengan bentuk dan warna yang berbeda
  • Menyelasaikan suatu masalah sederhana (bisa menggunakan puzzle)
  • Membedakan objek yang berbeda jenisnya 
baca juga

Fisik dan Motorik

Motorik Kasar
Anak-anak usia pra sekolah ini cenderung tidak berhenti bergerak. Kemampuan motorik yang harus dimiliki :

  • Naik turun tangga dengan kaki satu persatu
  • Memukul, melempar dan menangkap bola
  • Mamanjat dengan baik
  • Berlari dengan seimbang dan menaiki sepeda roda tiga
  • Berdiri dengan satu kaki selama kurang lebih 3 detik
  • Berjalan maju dan mundur dengan baik
  • Meniru gerakan sederhana
  • Meniti tanpa terjatuh
Motorik halus
  • Menuang pasir dan biji-bjian kedalam wadah
  • lebih mudah memegang obyek kecil atau membalik halaman buku
  • Menggunakan gunting untuk anak-anak dengan baik (Pola garis lurus)
  • Menggambar lingkaran atau segi empat dengan bantuan cetakan/copy
  • menulis huruf besar
  • menyusun balok menjadi menara
  • memakai dan melepas baju sendiri atau dengan bantuan minimal

Emosional dan Sosial

Usia 3 sd 4 tahun tidak hanya lebih mandiri secara fisik tapi juga secara  emosional. Mereka tidak akan mengalami tantrum sebanyak dulu terutama ketika kamu meninggalkan mereka di Sekolah.
Kemampuan interaksi si kecil juga lebih baik, sehingga dia mulai mampu mengikuti kegiatan bersama dan bermain bersama teman. Si kecil juga mulai mampu mengikuti perintah, aturan, dan diberikan tanggung jawab ringan. 
Dalam emosional dan sosial, si kecil sudah harus mampu :

  • Mengenali orang tua dan orang terdekat atau teman
  • Menunjukan rasa sayang dan perhatian terhadap keluarga dan teman
  • Memahami mana miliknya dan mana yang bukan miliknya
  • Menunjukan beragam emosi seperti marah, bosan, menyesal, sedih dan bahagia
source: http://communicationtheory.org/wp-content/uploads/2017/03/cognitive-development-theory.jpg

Kamu Harus Segera Waspada Jika?

  • Ketidakmampuan melempar bola ke atas, melompat di tempat, atau mengendarai sepeda roda tiga
  • Sering jatuh dan kesulitan berjalan tangga
  • Ketidakmampuan memegang krayon di antara ibu jari dan jemarinya; memiliki masalah mencoret-coret dan tidak bisa menyalin lingkaran
  • Tidak dapat menggunakan kalimat dengan lebih dari tiga kata dan menggunakan "aku" dan "Kamu"
  • tidak tepat Meneteskan air liur dan kesusahan terus-menerus
  • Tidak bisa menumpuk empat blok dan mengalami kesulitan menangani benda-benda kecil
  • Terus mengalami kecemasan ekstrem, seperti tidak mau ditinggal
  •  Tidak tertarik pada permainan interaktif dan tidak terlibat dalam permainan peran
  • Tidak bermain dengan anak lain dan tidak menanggapi anggota non-keluarga
  • Kontrol diri tidak membaik saat marah atau kesal
  • Tidak mengerti perintah sederhana
  • Menghindari kontak mata
  • Menolak berpakaian, tidur, dan pergi ke kamar mandi
source: https://zero-to-three.s3.amazonaws.com/images/112/8248bffe-83f7-4975-83af-d16675c17623-landscape_small.jpg?1456943047