Hal - hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan popok yang akan dipilih antara lain keamanan, kenyamanan, dan daya serap popok bayi yang akan digunakan. Moms bisa mencari info melalui blogwalking ke blog moms lainnya, tanya langsung ke yang sudah mencoba, atau baca review-reviewnya. Moms juga bisa mengkonsultasikan pemilihan popok kepada dokter spesialis jika dirasa bayi memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap beberapa jenis popok. 

 

source: http://www.enfantstylediapers.com

Hal Penting Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilik Popok Kain

  • Bila menggunakan peniti untuk memasang popok, pilih peniti berukuran besar dengan kepala yang terbuat dari plastik. Hati-hati saat memasangnya agar tidak melukai bayi.
  • Popok kain yang basah terkena urine bayi bisa langsung ditaruh di keranjang pakaian kotor, tapi popok kain yang kotor karena feses harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa menyemprotkan popok dengan campuran air dan baking soda untuk mengendalikan bau.
  • Ketika mencuci popok kain, pisahkan dengan pakaian lain dan gunakan detergen lembut bersifat hypoallergenic yang aman digunakan oleh kulit sensitif dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Gunakan air panas dan dibilas minimal dua kali. Jangan gunakan pelembut pakaian yang dapat menimbulkan ruam pada bayi dengan kulit sensitif.
  • Selalu mencuci tangan setelah mengganti popok bayi untuk mencegah penyebaran kuman.
source: http://www.babyclothnappy.com
baca juga

Kelebihan dan Kekurangan Popok Kain

Adapun kelebihan dari popok kain antara lain :

  1. Menghemat pengeluaran karena dapat dipakai berulang kali.
  2. Ramah lingkungan sebab dapat dicuci dan digunakan kembali.
  3. Risiko kandungan bahan kimia yang kecil karena tidak perlu melalui proses bleaching saat produksi.

Kekurangan popok kain antara lain :
  1. Tidak hemat waktu karena perlu mencuci setiap popok kotor. Popok cuci ulang harus segera dicuci untuk menghindari tercemarnya popok dengan bakteri dan kuman-kuman dari kotoran.
  2. Bahaya popok cuci ulang juga dapat terjadi jika kamu mencuci popok dengan tidak bersih. Ketelatenan dalam mencuci popok cuci ulang sangat diperlukan agar popok bayi tetap steril saat digunakan. 
  3. Tidak praktis untuk digunakan saat berpergian.

Itulah beberapa hal yang harus moms pertimbangkan saat memilih popok kain untuk bayi. 
source: http://bacsithanthien.com