Bahagia sekali rasanya tahun ini banyak sahabat dan keluarga yang dianugerahi bayi mungil yang lucu. Hingga Mei mendatang saya masih menunggu ponakan-ponakan baru yang siap meramaikan perkumpulan mama-mama muda nantinya. Moms, minggu lalu saya berkesempatan untuk menemani salah satu teman yang berprofesi sebagai bidan desa di daerah Jawa Barat untuk melakukan sosialisasi kepada ibu baru melahirkan. Seneng dan bahagia deh rasanya melihat antusiasme ibu-ibu disana yang berkumpul di gedung kepala desa yang sederhana untuk turut menimba ilmu perihal tumbuh kembang bayi dan balita. Dan kali ini, materi yang disampaikan yaitu tentang kegiatan sederhana yang dapat dilakukan ibu baru melahirkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan sosial bayi usia 0-3 bulan.


 
Menurut beberapa pengakuan ibu-ibu yang hadir, mereka cenderung lebih sering mendiamkan bayinya tidur diatas kasur bayinya karena bayi usia 0-3 bulan belum bisa merespon apalagi berkomunikasi yang baik dengan lingkungan sekitar. Namun ternyata banyak kegiatan sederhana yang dapat dilakukan oleh ibu bersama bayi yang justru memiliki banyak manfaat.
 
MENUNJUKAN KASIH SAYANG KITA KEPADANYA
Jangan sungkan untuk menunjukan betapa kita berbahagia dengan kehadiran si buah hati. Bisikan padanya bahwa Moms sangat menyayanginya. Meskipun bayi nampak tak memberi respon namun kegiatan ini tetap memberikan dampak positif untuk tumbuh kembangnya. Si kecil turut merasakan kasih sayang Moms saat Moms memberinya kecupan hangat.
 
MEMBERIKAN RESPON
Segera respon tangisan si kecil agar ia merasa diperhatikan. Terkadang tangisan bayi tidak berarti apa-apa, tidak lapar dan tidak buang air namun ia hanya ingin ibunya selalu berada didekatnya. Moms dapat memberikan respon dengan mendekatinya, menggendong si kecil dan mengajaknya mengobrol agar si kecil mengetahui keberadaan kita.
 


SENTUH DAN PELUK BAYI ANDA
Sentuh dan berikan pijatan lembut pada tubuh bayi, selain membuatnya bayi lebih relaks, kegiatan ini juga mampu mengeratkan bonding antara ibu dan anak. Banyak orang yang bilang, bayi itu jangan sering digendong nanti bisa bau tangan alias harus digendong terus dan rewel jika diletakan ditempat tidurnya. Namun, anggapan tersebut dipatahkan oleh para ahli dan dokter, justru dengan sering menggendong dan memeluk bayi dapat meningkatkan bonding keduanya.
 


BERMAIN BERSAMA BAYI
Ajaklah si kecil bermain, bercerita, atau memberikannya mainan dengan warna yang menarik, atau dengan bunyi-bunyian untuk merangsang indera penglihatan dan pendengarannya sekaligus. Mengajak si kecil bermain juga dapat Moms lakukan dengan berkeliling kompleks sekitar tempat tinggal sambil berolahraga atau menjemur si kecil.