Ukuran Harus Pas dan Jumlah Harus Cukup

Supaya enggak ribet, sebaiknya kamu membeli popok kain modern yaitu clodi (cloth diaper) daripada popok kain tradisional. Clodi sudah dibuat dengan standar ukurannya masing-masing. Ukuran S untuk newborn dan kalau ternyata bayimu tubuhya agak besar, maka pilihkan M. Yang penting pas di tubuhnya, tidak sempit maupun longgar. Perhatikan pula periode bayi baru lahir buang air setiap harinya. Setidaknya siapkan 15-20 popok, supaya persediaannya selalu ada saat dibutuhkan.


 

source: http://www.babybulletblog.com

Berhati-hatilah Saat Memakaikannya

Popok kain ada yang dilengkapi dengan perekat, tetapi ada pula yang memerlukan peniti untuk memasangnya. Kalau kamu pilih yang pakai peniti, maka berhati-hatilah saat memakaikannya agar bayi tidak terluka. Sebaiknya sih kamu pilih peniti yang bagian kepalanya terbuat dari plastik.

 

baca juga

Jangan Malas Mengganti Popok Bayi

Jangan pernah menunda untuk segera mengganti popok bayimu saat sudah basah ya. Membiarkannya malah akan menimbulkan bakteri pada kulit bokong dan organ kelaminnya. Kalau membiarkannya terlalu lama juga akan menghasilkan bau yang semakin tak sedap.

source: http://modbots.com.au

Gunakan Sabun Khusus Untuk Mencuci Popok Kain

Sudah banyak produk sabun bayi yang tersedia di pasaran. Pilihlah sabun yang hypoallergenic supaya tidak menimbulkan reaksi alergi saat dipakai bayimu. Lalu, bilas popok sampai benar-benar tidak meninggalkan busa dan tidak berbau lagi. Oh ya, ketika mencuci popok, pisahkan dengan pakaian lainnya ya. Kalau bisa, kamu mencucinya 2 kali dalam sehari supaya tidak bertumpuk. Kalau sudah menumpuk, kamu nanti malah akan kewalahan mencucinya.

baca juga

Bilas dengan Air Hangat

Beberapa ibu lebih merasa aman jika membilas popok bayinya dengan air hangat. Cara ini bisa kamu contek nih. Setelah dibilas dengan air dingin, lakukan kembali pembilasan menggunakan air hangat.

 

source: https://www.bambooty.com.au