Moms, Pulau Bangka memiliki cerita menarik dalam rangkaian hidup saya. Selain karena ibu saya asli orang Bangka, saya pun lama bermukim di Bangka, hingga akhirnya berpindah-pindah karena pekerjaan.  Kalau bicara tentang Pulau Bangka, pasti gak akan jauh dari bahasan pantainya yang indah serta makanan lautnya yang super enak.  Tidak kalah dengan Pulau Bali, Pulau Bangka juga menyuguhkan pemandangan laut yang super bening dengan hamparan pantai luas dan pasirnya yang putih.  Tapi, tidak hanya pantai saja lho Moms spot wisata andalan yang terdapat di Pulau Bangka, banyak juga tempat wisata lain yang disuguhkan.  Dan tentunya tempat wisata ini terletak di daratan Pulau Bangka.  Berikut ulasannya

1. Bangka Botanical Garden (BBG)



BBG merupakan tempat wisata sekaligus sarana edukatif keluarga yang menyuguhkan aneka koleksi tanaman serta hewan-hewan yang menarik.  pada mulanya, lahan yang digunakan oleh BBG merupakan beks lahan tambang timah yang kondisi tanahnya sangat marjinal.  Setelah dilakukan rehabilitasi, maka lahan ini dijadikan areal pertanaman dan peternakan oleh pengembang.  Hingga saat ini, di BBG terdapat beragam tanaman buah-buahan, tanaman hias, burung, pertenakan kuda, sapi, dan unggas lainnya.  Pedestrian jalan sepanjang BBG dihiasi dengan tanaman cemara udang yang sangat sejuk. BBG sering dijadikan lokasi pre wedding karena keindahannya.  BBG sangat strategis karena terdapat di Kota Pangkalpinang dan berdekatan dengan bandara.

2. D’ Locomotief





D’ Locomotief terdapat di tepi pantai Tongachi, Kabupaten Bangka, Sungailiat.  D’ Locomotief menyuguhkan spot makan serta edukatif yang terdiri dari museum serta penangkaran penyu.  Jadi dalam satu spot, anda bisa berwisata pantai dan daratan sekaligus. Lokasinya terdapat di Kabupaten Bangka.

3. Puri Tri Agung




Bentuk bangunan Puri Tri Agung mirip seperti bangunan kuil di film Shaolin.  Terletak diatas bukit dan berhadapan langsung dengan Pantai Tikus.  Sungguh pemdangan yang sangat menakjubkan.  Kita akan dimanjakan dengan design bangunan khas Tionghoa seperti di negeri Cina.  Tidak perlu mengeluarkan uang untuk memasuki area kuil ini Moms.  Semuanya gratis.  Lokasinya terdapat di Kabupaten Bangka.

4.  Bukit Fathin San





Merupakan kuil masyarakat Tionghoa yang terdapat diatas bukit tinggi.  Desaignnya dibuat mirip seperti di Tembok Besar Cina namun dengan versi mini.  Anda akan disuguhi dengan pemandangan luasnya Pulau Bangka dan hamparan lautnya yang indah.  Terdapat banyak spot foto yang indah disini.  Mulai dari patung dewa hingga goa. Lokasinya terdapat di Kabupaten Bangka.

5. Hutan Konservasi Pelawan





Pelawan merupakan salah satu tanaman khas yang terdapat di Pulau Bangka.  Tanaman Pelawan memiliki warna batang yang merah merona.  Jamur pelawan pun memiliki warna tudung yang merah dan dijual dengan harga yang sangat mahal hingga jutaan rupiah.  Selain itu, anda juga dapat membeli madu khas Bangka, yaitu madu pelawan yang harganya juta tak kalah mahal mengingat manfaatnya yang luar biasa.  Lokasinya terdapat di Kabupaten Bangka Tengah.