Rencana Sebelum Persalinan

Dasar (identitas diri dan keluarga yang mendampingi)
Hal pertama yang harus kamu catat adalah identitas kamu dan pendamping, berupa nama, alamat, nomor telfon yang bisa dihubungi dan nomor kartu jaminan kesehatan atau asuransi yang kamu miliki. Jangan lupa cantumkan jurnal atau catatan pemeriksaan kehamilan kamu dari awal sampai saat ini sebagai tambahan referensi.

Dimana kamu akan melahirkan
Tempat persalinan sangat erat kaitanya dengan kenyamanan proses melahirkan. Biasanya tepat persalinan diperhitungkan dari tempat praktek dokter atau bidan yang memeriksa sejak awal kehamilan, kedekatan dengan tempat tinggal, asuransi atau jaminan kesehatan dan alasan personal lain yang mungkin kamu punya. Pertimbangkan juga pilihan tempat jika mendadak kamu harus melahirkan, pilih yang paling mudah kamu jangkau saat kamu mulai merasakan kontraksi. Termasuk siapa dokter atau bidan yang berada di lingkungan terdekat kamu dan bisa membantu proses kelahiran jika pilihan pertama tidak memungkinkan.

Suasana saat kelahiran
Coba pikirkan kondisi atau suasana seperti apa yang membuat kamu nyaman saat melahirkan nanti? apakah kamu nyaman ditempat yang hening, penerangan maksimal atau malah redup. Jika kamu membutuhkan suasana alamiah, sekarang sudah ada lho Moms klinik yang memfasilitasi proses kelahiran sealamiah dengan suasana mirip rumah atau bahkan di rumah kamu sendiri. Kamu tertarik menggunakan vidiografer saat proses persalinan? Coba diskusikan dengan pihak dokter atau rumah sakit, apakah mereka memberikan ijin untuk ini. 

Prioritas metode melahirkan
Ada banyak metode melahirkan yang menjadi pilihan bagi kamu lho. Apakah kamu ingin menjalankan persalinan normal di rumah sakit, menggunakan water birth, hypno birth dan lain-lain. Jika kamu memiliki kondisi tertentu yang mengharuskan kamu operasi, maka kamu harus mempersiapkan segala kondisi terkait dengan operasi termasuk biaya operasi dan bab pasca bersalin.  Prioritas metode melahirkan yang kamu pilih sebaiknya di konsultasikan dengan dokter atau bidan yang membantu kamu ya Moms. 

source: https://i.cbc.ca/1.4279383.1504809169!/fileImage/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/16x9_940/pregnant-woman-in-the-doctor-s-office.jpg

Rencana Saat Persalinan

Jika kamu melahirkan normal
Jika kamu bisa melahirkan normal, maka hal-hal ini yang harus kamu persiapkan :

  • Mencukur bulu kemaluan
  • Tahap persalinan awal yaitu : kontraksi dan pembukaan. Saat tiba di rumah sakit bersalin, biasanya dokter atau bidan akan mengecek kondisi kamu, mulai dari pembukaan, ketuban dan detak jantung. Jika pembukaan kamu masih dini, maka kamu bisa jadi diminta kembali ke rumah atau berjalan di sekitar rumah sakit. 
  • Masuk ruang perawatan. Jika pihak rumah sakit mengijinkan kamu memasuki ruang perawatan, maka tanyakan siapa saja yang boleh menemani kamu masuk. Di dalam ruang perawatan, bidan akan membantu kamu selama proses pembukaan dan persiapan proses bersalin. Bidan akan melakukan pemeriksaan janin selama 20 atau 30 menit sekali untuk melihat kondisi kamu dan janin
  • Jika pembukaan telah cukup, maka saatnya kamu mengejan
  • Kemungkinan medis melakukan tindakan episiotomi atau pemotongan kulit di varineum untuk mencegah robekan saat persalinan

Jika ada situasi tidak terduga yang terjadi
Moms, terkadang ada situasi tidak terduga yang mungkin terjadi ditengah-tengah proses persalinan, berikut yang harus kamu persiapkan :

  • Tahap persalinan tidak maju, biasanya pihak medis akan menggunakan intervensi seperti memecahkan kantong ketuban jika ketuban belum juga pecah atau memberi obat untuk merangsang proses kontraksi. Jika belum keluar, dokter bisa menggunakan vacum atau forces
  • Moms, jika kondisi kamu tidak stabil, kemungkinan kamu bisa dirawat lebih intensif. Perhatikan riwayat kesehatan kamu sebelum memutuskan dimana kamu akan melahirkan ya moms

Jika kamu harus melahirkan melalui sectio-caesarian (Caesar)
Saat kamu mengalami kondisi tertentu, dan dokter menyarankan operasi caesar maka berikut yang akan kamu alami :

  • Kamu akan dibius lokal atau total
  • Proses kelahiran di ruang operasi
  • Biaya perawatan lebih besar dan kamu akan lebih lama berada di rumah sakit
source: https://babyhintsandtips.com/wp-content/uploads/2015/08/Pain-Relief-Alternatives-To-Epidural-in-Labour.jpg
baca juga

Pasca Persalinan

Inisiasi Menyusui Dini
Sesaat setelah proses kelahiran, utamanya jika proses persalinan normal melalui vagina. Maka bayi akan diletakan di dada Ibu untuk melakukan inisiasi menyusui dini. Proses ini banyak sekali manfaatnya untuk kamu dan bayi lho Moms, terutama untuk mengikat bonding kalian berdua. Tapi tidak semua rumah sakit terbiasa dengan hal ini, maka sampaikan terlebih dahulu dengan pihak dokter atau bidan ya sebelum persalinan.

ASI apakah Formula?
ASI adalah makanan paling baik untuk bayi. Biasanya sesaat setelah melahirkan kamu akan mengalami kemungkinan kondisi, asi kamu lancar atau bisa juga belum keluar. Nah kesepakatan ini harus kamu perjelas dengan pihak rumah sakit. Jangan sampai kamu tidak tahu bahwa pihak rumah sakit memberikan susu formula (bisa sepengetahuan anggota keluarga lain). Jangan lupa sampaikan juga kemungkinan ASI exclusive kepada keluarga terdekat ya Moms. Apabila nanti ada masalah saat memberi ASI pertama kali, mungkin kamu membutuhkan konselor laktasi. 

Apakah bayi akan sekamar dengan kita?
Tanyakan kebijakan rumah sakit apakah bayi akan sekamar dengan kita atau berada ditempat lain.

Sunat
Diskusikan kemungkinan kamu bisa menyunat anak kamu baik laki-laki maupun perempuan sesaat setelah melahirkan. Keputusan ini bersifat personal karena berakar juga pada budaya daerah tertentu.




 

source: https://cf.ltkcdn.net/pregnancy/images/std/216820-675x450-Couple-holding-baby.jpg