Pada usia satu sampai lima tahun anak mempunyai kebiasaan untuk bermain. Bermain bagi anak merupakan suatu kewajibannya sebelum mereka menjalani pendidikannya. Dengan bermain mereka memahami dan belajar apa yang mereka mainkan. Mereka mengenal apa yang mereka mainkan.

Sosok ibu sangat diperlukan saat mereka sedang bermain. Memberi tahu apa yang mereka mainkan dan mencontohkan apa yang mereka mainkan anak akan merasa mendapatkan pelajaran yang baru. Umur emas anak 1- 3 tahun dimana daya pengingat anak sangat cemerlang. Mereka mampu mengingat apa yang diajarkan oleh orang tuanya.



Media untuk mengenalkan anak kepada hewan pun banyak. Bisa dengan cara menunjuk langsung hewan yang sedang lewat di depan rumah, bisa ke kebun binatang, dan juga bisa dengan boneka serta mainan miniatur hewan. Kenapa menurut bu'az hewan terlebih dahulu yang dikenalkan ? Karena hewan merupakan suatu makhluk hidup yang menarik. Mengajari hewan pada anak bisa dengan cara menyebutkan ciri-ciri hewan tersebut, bisa dengan cara hewan mengeluarkan suaranya, bisa dengan menggambarkan ciri-cirinya dan bisa juga dengan menyebutkan makanan yang mereka makan.

Salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengenalkan hewan pada anak adalah melalui boneka. Dengan memberikan anak boneka anak jadi mengetahui hewan-hewan yang sebelumnya mereka tidak tahu. Lebih seru lagi jika mom mengajarkannya dengan memberikan anak boneka tangan. Mom bisa terjun langsung untuk bercerita dengan boneka tangan serta mempraktikan suara-suara hewan tersebut. Anakpun akan sangat tertarik dengan boneka maupun boneka tangan atau dengan pintar-pintar mom untuk membawakan cerita tentang pertualangan hewan atau yang lainnya.



Mengenalkan hewan pada anak menggunakan boneka merupakan cara yang efektif. Azka diberi tahu 2x saja langsung mengingat. Tapi setelah mereka ingat harus sering-sering dilatih lagi ya mom, caranya dengan menyuruh anak untuk menunjuk atau mengambilkan boneka hewan kepada mom. Kalau bu'az lebih sering menyuruh Azka untuk mengambilkan macam-macam boneka hewannya agar dia tidak lupa.

Selagi anak mom masih jadi usia emas lakukanlah dan ajarkanlah yang terbaik untuk anak mom. Ajarkanlah anak mom banyak hal tapi tidak diforsir ya mom. Sama halnya dengan kita, anak akan mudah bosan jika terlalu lama untuk belajar atau memainkan yang itu-itu saja. Intinya sebuah kreatifitas mom yang akan membantu anak menjadi anak yang cerdas.

Mari ajarkan anak mom untuk mengenalkan hewan dengan boneka, jika anak mom udah mengenal bermacam-macam hewan mereka akan  berimajinasi sendiri untuk memainkannya dengan cara mereka sendiri..