1. Meja Serbaguna
Tidak harus meja khusus untuk kamar bayi, sebenarnya Moms bisa menggunakan meja apa saja. Yang penting, perlengkapan bayi satu ini permukaannya cukup untuk membaringkan bayi baru lahir, dan tingginya persis di atas pinggang Moms, serta memiliki laci-laci. Alasi bagian permukaan meja dengan matras tipis yang lembut dan nyaman untuk bayi berbaring. Meja ini fungsinya untuk memudahkan Moms mengganti popok, menghanduki, serta memakaikan pakaian pada bayi setelah mandi. Isilah laci-laci di bawahnya dengan berbagai hal yang dibutuhkan bayi seperti popok, bedak bayi, dan sebagainya.
 

source: http://johnfante.net

2. Wadah Pakaian Kotor
Moms dan suami akan sering mengganti pakaian atau popok bayi baru lahir. Apalagi jika Moms dan suami memilih popok kain, maka Moms akan punya setumpuk pakaian kotor setiap harinya. Agar lebih praktis dan tak perlu bolak-balik ke luar kamar, siapkan sebuah wadah pakaian kotor di dalam kamar. Wadah ini bisa berupa kantong, atau apa saja yang dapat ditutup rapat. Namun, pastikan Moms selalu mengosongkan wadah pakaian kotor ini setidaknya satu kali sehari ya, Moms. Jangan lebih jarang dari itu, karena menumpuk pakaian kotor sama saja menumpuk kuman dan bakteri.
 

source: https://christassam.com
baca juga

3. Teko/Kettle Listrik
Selalu sediakan teko/kettle listrik di kamar ya, Moms. Tak harus mahal, namun usahakan Moms memilih merek yang terpercaya kualitas serta ketahanannya. Percayalah Moms, teko/kettle listrik ini akan amat sering digunakan selama Moms memiliki bayi. Dari mulai memanaskan air untuk memandikan bayi, memanaskan air untuk membuat susu, atau memanaskan air untuk merendam botol susu agar steril. Namun dalam meletakkannya Moms juga mesti seksama, ya. Jauhkan dari jangkauan bayi dan barang-barang elektronik lainnya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
 

source: http://nymag.com

4. Bantal dan Guling Bayi
Selain motif dan bentu lucunya yang bisa sekalian dijadikan mainan untuk bayi, bantal dan guling bayi ini sebenarnya berfungsi untuk keamanan bayi saat tidur. Jika bayi baru lahir Moms ditidurkan di dalam boks bayi, maka bantal dan guling bayi ini dapat melindungi bayi dari pinggiran boks yang keras. Sementara jika Moms menidurkan bayi bersama Moms dan suami di tempat tidur, maka bantal dan guling bayi ini akan berfungsi sebagai pembatas dan pengaman agar tidurnya tak terganggu gerakan Moms dan suami saat tidur.
 

source: https://id.pinterest.com
baca juga

5. Kotak Obat
Moms, jangan sampai terlena pada perlengkapan bayi yang lucu-lucu hingga melupakan kotak obat. Tentunya, kita berharap kotak obat ini akan jarang sekali digunakan. Namun, hal ini amat perlu disediakan di kamar sebagai pertolongan pertama saat terjadi sakit atau kecelakaan yang tak diinginkan. Konsultasikan dengan dokter, obat-obatan apa saja yang sebaiknya selalu tersedia di rumah. Persiapkan yang lengkap, ya Moms, dari mulai obat pereda iritasi kulit, hingga obat demam.
 

source: https://blogs.babycenter.com