Dari Desember sampai awal Januari ini, rame banget temen deket saya yang lahiran anak pertama. Seneng banget deh dikelilingi bayi-bayi newborn gemesin hehe walau satu jauh banget di Medan. 


Nah, temen-temen saya itu, Alhmdulillah banget mereka berjuang sekali sampai bisa melahirkan normal. Sampai menunggu 40 minggu lebih. Seneng sih liatnya. But somehow, aku jadi ngerasain iri dan kecil hati, karna aku lahirannya caesar. Ada moms yg ngerasain hal yg sama ga kaya saya?

Jujur, saya bukannya tidak bersyukur anak saya lahir dengan selamat ya. Tapi saya beneran ngerasa kosong banget, karna sama sekali tidak merasakan yang namanya kontraksi huhu, perihalnya anak saya sudah diinduksi karna ketuban menipis, tidak mendorong mulut rahim saya sama sekali karna posisinya dangak. Jadi kalo saya ngobrol sama buibu baru lahiran, rasanya ada yg kurang karna ga paham makna kontraksi sebenernya huhu

Kadang saya merasa kurang lengkap karna ga pernah ngerasain kontraksi atau pembukaan sama sekali. Kurang lengkap jadi ibunya huhu sedih banget deh dan iri sama temen-temen yang bisa ngerasain hal itu. 

Tapi saat pikiran kecil hati ini menghampiri, biasanya saya curhat ke suami. Karna suami yang bener bener pahamlah perasaan saya bagaimana. Dan bagaimana saya bener bener berjuang mengusahakan persalinana alami untuk anak pertama saya. Dan biasanya suami membesarkan hati saya dengan mengucapkan “nanti anak kedua kita usaha lagi ya” atau “momen-momen selama mau lahiran, itu momen-momen yang menyenangkan buat aku, jadi kamu jangan sedih sedih ya, disitu perjuangan kita”

Lalu saya akan “healing” kembali dengan kata kata motivasi suami saya. Saya jadi mau lebih optimis menghadapi rencana kehamilan kedua. Optimalisasi agar posisi janin optimal kelak, semuanya akan saya usahakan, dari menjaga makanan, yoga atau renang, hypnobirthing, bahkan berencana menggunakan jasa doula selama kehamilan kedua nanti. 

Nah yang mau saya sharing disini adalah, moms kalo pernah merasa kecil hati karna melahirkan dengan cara operasi caesar seperti saya, you are not alone, and it’s normal! Yang perlu dilakukan adalah kita embrace kenyataan dengan operasi bukan berarti kita tidak menjadi seorang Ibu. Karna perjuangan kita tetap sama saat melahirkan. Sama-sama proses antara hidup dan mati. Dan kalian hebat moms! Dan kalau masih ingin merasakan proses persalinan normal seperti saya, yuk kita mulai berjuang bersama, insyaAllah kita bisa ya moms. 

Have a nice day!


xoxo,
Ummu Mauza