Meskipun pertengkaran yang terjadi antar saudara adalah hal yang umum terjadi, bukan berarti para orang tua hanya berdiam diri melihat hal tersebut terjadi. Ada beberapa hal yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasi kecemburuan yang terjadi di antara anak-anaknya. 


Pertama, hal yang perlu anda lakukan adalah usahakan untuk tidak terlibat pada perselisihan di antara anak-anak anda. Apabila anda selalu terlibat dalam perselisihan mereka, anda hanya akan membiasakan anak-anak anda untuk mengharapkan bantuan anda dalam menyelesaikan perselisihan mereka. Selain itu anak anda juga menjadi tidak mampu memecahkan masalah yang terjadi dalam hidupnya. Anda boleh masuk ke perselisihan mereka apabila kondisi sudah tidak terkendali, misalnya ada risiko kekerasan fisik yang terjadi atau perselilisihan yang terjadi sudah melewati batas aturan yang dapat dimaklumi.



Ketika anda masuk ke dalam perselisihan tersebut, anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi perselisihan tersebut:
1. Pisahkan mereka sampai satu sama lain merasa lebih tenang dan kondisi lebih terkendali. Terkadang sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak pun butuh waktu untuk menenangkan pikiran dan emosi mereka.

2. Jangan fokus mencari siapa yang salah, karena pada dasarnya perselisihan yang terjadi di antara dua orang berarti dua orang tersbut sama-sama bersalah dan bertanggung jawab dalam perseisihan tersebut.

3. Cobalah untuk mencari win-win solution. Sesusah apapun langkah ini terdengar di kuping anda, usahakan untuk menemukan solusi yang membuat anak anda sama-sama merasa menang. Misalkan ketika anak anda berebut mainan, anda bisa membuat mereka bermain bersama sebagai solusi agar mereka dapat memainkan main yang sama secara bersamaan.