Hai Moms! Pada dasarnya, setiap orang memiliki ketakutan akan sesuatu, namun ketakutan itu sangatlah tergantung kepada diri kita masing-masing, bagaimana cara kita mengontrolnya dan kebiasaan kita. Maksudnya kebiasaan, Moms? Nah, kalau dulu Moms suka ditakut-takuti hantu, maka Moms sekarang jadi bener-bener takut hantu. Padahal pada dasarnya kita memang tidak takut hantu. Ketakutan akan hantu adalah penggambaran yang dilakukan oleh orang-orang sehingga kita terbawa.


Img Source : theasianparents.id

Nah, Moms, dulu saya pernah mengajar TK dan saya melakukan penelitian kecil-kecilan. Oh iya, saya memang orangnya serba ingin tahu, maka rasa penasaran saya sekecil apapun pasti saya gali. Jadi ketika istirahat makan, saya browsing di google keyword "pocong" dan saya memperlihatkan hasil pencarian saya ke beberapa anak. Hasilnya? Dari 10 anak di tempat itu, hanya satu yang tidak teriak dan tidak takut pada gambar pocong, 9 lainnya ada yang pergi dan tidak ingin melihat gambar lagi.


Img Source : tribunnews.com

Tidak hanya gambar 1 pocong, saya mencoba memperlihatkan gambar pocong dengan pose lain kepada anak yang tidak takut ini, anak yang tidak takut ini bernama Cikal. Nah, setelah saya tunjukkan lagi gambar pocong, dia tidak takut dan malah tertawa. Saya bertanya pada Cikal. "Cikal gak takut? Temen-temen yang lain pada takut, emang ini gak serem." Cikal hanya menjawab "Gak serem kok, tuh liat aja."

Saya sempat takjub, karena dulu waktu kecil, bahkan sampai dengan sekarang, saya tidak seperti Cikal. Jujur setan Indonesia yang paling saya takuti adalah pocong. lalu, saya bertanya kepada ibunya, kok bisa Cikal tidak takut terhadap setan dan lain sebagainya. Jawaban ibunya sangat sederhana, "Saya tidak pernah menakut-nakuti Cikal dan saya tidak pernah memperlihatkan rasa takut saya di depan Cikal. Mungkin itu yang memengaruhi Cikal sehingga ia tidak takut kepada setan."


Img Source : ibudanaku.com

Wah, Moms goal banget nih ya! Pengen banget deh kalo udah punya anak lagi, gak mau nunjukin rasa takut terhadap apapun, jadi anak juga gak takut sama apapun. Selamat menahan rasa takut untuk anak, Moms! Hal yang bisa kita ambil dari sini, pun kita takut, kita tidak boleh menakut-nakuti anak dengan hal yang tidak rasional seperti setan yang ada di Indonesia ya Moms (pocong, kuntilanak, genderuwo, dll)


Img Source : fakta.id

Happy mom, happy child! Cheers!