Halo Moms! Buat yang disini sudah pernah melahirkan dan memiliki seorang anak, pasti bahagia sekali ya, Moms. Selamat untuk Moms karena Tuhan telah mempercayakan anugerah terindah yang pernah ada kepada, Moms. Untuk Moms disini yang belum memiliki anak, ataupun kehilangan anak (entah itu keguguran atau meninggal setelah dilahirkan), semoga Tuhan menjadikan anak-anak kita disana sebagai penolong kita untuk masuk surga ya, Moms.



Mau cerita nih, Moms. Dulu aku sudah pernah memiliki anak, namun anakku berpulang ke pelukan Tuhan, tepat 3 hari setelah ia dilahirkan. Rasanya remuk banget Moms hati ini. Remuk sekali. Setiap pagi (kadang-kadang) aku suka nangis karena gak denger tangisan bayi. Kalau aku bisa memutar balikkan waktu, aku gak peduli Moms mau diganggu sama anakku jam berapa aja, berhari-hari pun aku gak tidur aku ikhlas. Tapi apa mau dikata? Tuhan memang sudah menakdirkannya untuk pulang.

Pada saat anakku meninggal, aku gak bisa menutupi kekecewaanku kepada Tuhan.

"Ya Tuhan, kenapa harus aku?"

"Ya Tuhan, kenapa harus anakku?

"Ya Tuhan, kenapa banyak banget orang yang aborsi bayinya, buang bayinya ke tempat sampah. Sedangkan aku yang memang menginginkan bayiku, aku harus melihat ia terbujur kaku di hadapanku sendiri tanpa aku menginginkannya."

Sedihhh banget Moms rasanya, karena sempat memvideokan anakku dan foto-foto anakku. hampir setiap hari aku posting foto dan videonya di instagram. Aku merasa kehilangan sekali. Kadang juga aku berpikir, kenapa harus di akhir tahun 2017 ini aku merasakan mendapatkan sesuatu yang indah, lalu hanya dalam hitungan hari sesuatu itu harus pergi?

Namun, jika aku hanya membaluti diri dengan kekecewaan kepada Tuhan. Rasanya aku merasa hina Moms. Unfair, jika aku marah pada Tuhan. Toh, Tuhan yang menciptakan anakku dan Hak Tuhan untuk mengambilnya. Lagipula, setiap insan yang bernapas, pasti akan mati, bukan? 

Jadi, aku melahirkan anakku melalui operasi caesar pada tanggal 8 Desember 2017, Moms. Aku melakukan operasi caesar karena selama 12 jam, pembukaanku tidak bertambah, aku sudah lemas, dan anakku tidak dapat masuk ke panggul. Lalu tanggal 10 aku pulang dari rumah sakit dan semuanya baik-baik saja, sampai pada akhirnya tanggal 11 Desember 2017, aku menemukan bayiku sudah tidak bernapas, aku bawa ke bidan dan bidan memberikan pernapasan buatan, anakku sudah tidak dapat tertolong, Bidan menyatakan bahwa anakku terkena aspirasi. Rasanya sedih, kecewa, campur aduk Moms. Saat menulis ini pun aku masih meneteskan air mata.

Untuk Moms yang pernah kehilangan anaknya, move on dari anak tuh susah banget ya, Moms? Susah banget. Terlebih kalau anak kita sudah sempat memberikan warna dalam hidup kita. Namun, ada yang lebih berhak atas hidup kita dan anak kita, yaitu Tuhan. Oh ya, nama anakku adalah Adam Ashmaan Abisali, Adam adalah manusia pertama, karena anakku adalah anak pertama, cucu pertama dari kedua pihak keluarga, juga cicit pertama dari kakek-nenekku serta kakek-nenek suamiku. Ashmaan artinya syurga, dan Abisali artinya adalah tentara islam. Dulu aku dan suami berharap sekali Adam bisa menjadi ahli syurga dan tentara Allah. Ternyata semua menjadi kenyataan setelah 3 hari ia dilahirkan. 

Moms, semoga anak kita bisa membantu kita dalam memasuki Surga Tuhan ya, karena anak merupakan sebaik-baik pemberian dari Tuhan.

Untuk Moms yang sedang merawat anaknya, sehat-sehat terus untuk Moms dan anak. Semoga Tuhan selalu melimpahi keberkahan untuk Moms dan keluarga.

Sekian cerita dariku, aku berharap Adam sekarang sedang bermain di taman surga.