1. Tidak Harus Seragam

Selama ini mungkin Moms beranggapan bahwa punya anak kembar segala sesuatunya harus seragam satu sama lain. Baju, sepatu, tas harus sama persis warna dan modelnya. Sekolah juga harus di tempat yang sama. Hati-hati Moms, karena sebenarnya sepasang anak kembar adalah dua, individu yang berbeda. Jika Moms terlalu sering menyeragamkan mereka berdua, bisa jadi mereka tidak bisa mengenali keunikannya masing-masing.

Untuk itu seharusnya, sedari kecil, biarkan saja mereka memilih masing-masing kesukaan dan minatnya, tidak perlu diseragamkan. Perbedaan bila harmonis bukannya lebih indah ya, Moms?

2. Jangan Membandingkan

Punya anak kembar terkadang membuat Moms merasa mereka adalah satu pribadi. Hal itu menyebabkan Moms sering membandingkan satu sama lain. Padahal kenyataannya, meski kembar, mereka adalah dua individu yang berbeda sehingga tidak boleh dibandingkan.

Tidak ada seorang pun yang suka dibanding-bandingkan, meski mereka adalah anak kembar. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang akan makin indah jika saling melengkapi.

baca juga

3. Dating Berdua Saja

Terkadang ada pula keluarga yang mengalami sibling rivalry meski memiliki sepasang anak kembar. Apalagi jika kedua orang tua terbiasa membandingkan dan menunjukkan treatment "berbeda" pada anak kembar yang dimilikinya. Misalnya saja jika anak kembar itu memiliki sifat dan kepribadian yang bertolak belakang 

Nah, jika itu yang terjadi, baiknya Moms memiliki waktu khusus untuk masing-masing dari mereka. Sebab meskipun kembar, mereka juga perlu perhatian utuh dan spesial dari kedua orangtuanya. Sesekali, Moms dan Dads bisa nge-date bergantian dengan salah seorang saja dari mereka. Perhatian penuh dari orangtua mereka ini akan meminimalkan terjadinya sibling rivalry di antara mereka berdua.

4. Minta Bantuan

Memiliki anak kembar memang sedikit lebih merepotkan. Karena jumlah anak yang harus diurus bisa dua bahkan tiga kali lipat dari mereka yang tidak dikaruniai anak kembar. Wajar jika Moms mengalami kelelahan yang lebih banyak. 

Untuk itu, jangan ragu untuk sesekali meminta bantuan pihak lain seperti suami atau kerabat. Kerjasama dengan pasangan jugajugasangat sangat diperlukan supaya bisa tetap waras saat mengasuh anak kembar.

baca juga

5. Menikmati Semua

Bahagia akan dirasakan saat Moms bisa mengubah sudut pandang terhadap sesuatu yang dihadapi. Jadi, jangan pernah menganggap punya anak kembar itu merepotkan ya. Karena banyak sekali hal positif yang bisa didapatkan dengan merawat anak kembar, di antaranya rumah lebih semarak, meningkatkan kekompakan dengan pasangan dan sebagainya.

Selain itu, dengan menikmati semuanya akan membuat apa yang Moms hadapi akan jauh lebih ringan dan menyenangkan.

Nah, itulah 5 tips merawat anak kembar supaya tetap seru, menyenangkan dan Moms semua tidak terlalu kerepotan. Semoga tipsnya bermanfaat ya, Moms! Jangan lupa bahagia karena banyak lho pasangan yang berlomba-lomba ingin punya anak kembar seperti Mommies.