Gejala Campak Mirip Influenza

Ternyata gejalanya penyakit campak hampir mirip dengan influenza. Apabila anak terpapar virus influenza maka, ia akan mengalami beberapa kondisi seperti demam, batuk kering, sakit kepala, tidak nyaman di tenggorokan dan sebagainya. Nah, gejala penyakit campak pun demikian. Tetapi kalau dicermati secara jelas, campak biasanya diikuti dengan sariwan, mata merah dan berair serta diare. Setelah itu akan muncul bercak merah di seluruh tubuh.
 

source: http://cronkitenewsonline.com


 

Dilansir dari Mayoclinic, tanda dan gejala campak muncul 10 sampai 14 hari setelah terpapar virus. Adapun gejala itu meliputi:

- Demam
- Batuk kering
- Hidung meler
- Sakit tenggorokan
- Mata merah dan berair atau konjungtivitis
- Bintik-bintik Koplik berupa bintik putih kecil yang ada di dalam mulut persis di posisi bagian dalam pipi
- Ruam pada kulit berupa bintik-bintik besar pada tubuh

 

source: http://www.kjtoys.in.th


 

baca juga

Tahapan Infeksi Campak

- Infeksi dan Inkubasi
Selama 10 sampai 14 hari pertama setelah terinfeksi, virus campak akan mengalami inkubasi. Jadi, pada periode ini gejala penyakit campak belum tampak atau terlihat pada anak.

- Gejala Awal
Setelah itu, penyakit campak akan mulak menampakkan gejala awal, biasanya dimulai dengan demam ringan sampai sedang, yang seringkali disertai batuk terus-menerus, pilek, mata yang meradang (konjungtivitis) dan sakit tenggorokan. Kondisi ini berlangsung 2 hingga 3 hari. 

- Periode Akut dan Muncul Ruam
Ruam yang muncul biasanya terdiri dari bintik-bintik merah kecil, beberapa di antaranya sedikit menonjol pada bagian kulit. Ruam ini membuat kulit jadi memerah dan muncul hampir di semua bagian tubuh. Biasanya yang pertama terkena ruam adalah bagian wajah, belakang telinga dan kepala. Lalu, ruam menyebar ke lengan, bagian tubuh, paha hingga kaki.
Pada saat itu, Moms perlu waspada karena saat bersamaan, demam akan meningkat tajam (40 sampai 41 derajat C).
 

source: http://thestir.cafemom.com


Tapi, tak perlu khawatir berlebihan Moms, karena setelah beberapa hari ruam akan memudar, Biasanya bagian pertama yang memudar adalah di bagian wajah, lalu diikuti pada bagian tubuh dan terakhir kaki. 

Nah, ada satu informasi penting yang Moms perlu ketahui. Penyakit campak ini menular! Anak yang terkena campak dapat menyebarkan virus ini kepada orang lain selama sekitar 8 hari, dimulai dari 4 hari sebelum ruam muncul dan berakhir saat ruam telah muncul selama empat hari.
So, hati-hati ya!