Nah, menurut sejarahnya keberadaan NICU tidak terlepas dari peralatan atau alat bantu khusus yang digunakan di dalamnya. Jadi, unit perawatan intensif NICU pertama kali muncul dan berkembang tahun 1940- 1950an di Amerika Serikat. Perkembangan unit perawatan intensif berawal dari kejadian epidemic poliomyelitis di Eropa dan Amerika Utara pada tahun 1947-1948, di mana banyak bayi meninggal karena paralisis otot pernapasan. Untuk merawat dan mengobati mereka, digunakanlah pipa napas endotrakeal (endotracheal tube) dan alat bantu napas manual sehingga pasien-pasien itu tetap dapat bertahan hidup. Dari sanalah bermula penting adanya perawatan intensif untuk neonatus atau bayi-bayi baru lahir.
 
source: http://cordbloodreviews.com


 

Alat Bantu NICU

Unit perawatan intensif neonatus dilengkapi dengan peralatan khusus. Peralatan di NICU pada masing-masing rumah sakit tidak sama tetapi umumnya beberapa peralatan yang umum ada yaitu:

1. Feeding Tube
Feeding tube merupakan selang kecil yang dimasukkan melalui mulut sampai lambung untuk memasukkan air susu ibu (ASI) atau susu formula.

2. Infant Warmer
Infant warmer merupakan tempat tidur dengan penghangat di atasnya.

3. Inkubator
Inkubator merupakan tempat tidur kecil yang tertutup plastik keras transparan, dengan lubang pada bagian samping untuk jalan memeriksa bayi dan suhu dapat diatur sesuai kondisi bayi baru lahir. 
 

source: http://www.rtmagazine.com
baca juga

4. Jalur Infus
Jalur infus ini adalah sebuah kateter kecil fleksibel yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena umumnya pada lengan dan kaki, atau kateter yang dimasukkan ke umbilikus. Jalur infus diperlukan untuk kebutuhan cairan dan obat-obatan.

5. Monitor
Bayi disambungkan ke monitor melalui elektrode untuk merekam tanda-tanda vital antara lain laju jantung, pernapasan, tekanan darah, suhu dan kandungan (saturasi) oksigen dalam darah.

6. Alat Terapi Sinar
Alat terapi sinar digunakan untuk bayi-bayi yang kadar bilirubinnya di atas normal dan memerlukan terapi sinar.
 

source: https://www.mcallenmedicalcenter.com


7. Bubble CPAP (Continuous Positive Airway Pressure)
Bubble CPAP adalah alat untuk mempertahankan tekanan positif pada saluran napas bayi dengan pernapasan spontan.

8. Ventilator
Ventilator merupakan suatu alat (mesin) yang memompa dan mengatur aliran udara ke dalam saluran pernapasan bayi melalui pipa (pipa endotrakea).