Assalamu'alaykum, halo moms semua.

Saya ingin bercerita pengalaman saya saat mempersiapkan MPASI pertama untuk Akmal. Jujur banget nih moms, wawasan menu MPASI saya terbuka setelah saya melihat sahabat saya (yang pernah tinggal bersama satu kost dengan saya waktu di Manokwari) mempersiapkan makanan untuk anaknya. Serius, waktu saya masih gadis saya berpikir bahwa makanan untuk bayi ya bubur bayi instan yang dijual banyak di supermarket. Gitu moms. Tapi setelah melihat sahabat saya sering berkreasi membuat menu MPASI saya langsung berpikir, wow mempersiapkan makanan anak kok bisa jadi asik begini, ibunya bebas bereksperimen di dapur.

Bebas bereksperimen tapi tetap mengikuti rules pemberian MPAsi yang disarankan WHO yaa.

Jadi ceritanya waktu Akmal masih berusia 4 bulan jalan 5 bulan, saya udah mulai sibuk stalking nyari elmu perMPASIan. Nah ketemulah saya dengan satu grup di FB khusus membahas MPASI Homemade untuk anak. Saya sih, seringnya jadi silent reader kalo ikut grup. Banyak-banyak scrolling aja dan bacain komentar orang, kebanyakan pertanyaan saya terjawab dari pertanyaan ibu-ibu lain.


Rencana menu tunggal Akmal yang saya minta reviunya dari para konsultan MPASI

Saya mulai membeli peralatan MPASI yang memudahkan saya dalam mempersiapkan makanan untuk Akmal. Dari sekian banyak peralatan, saya tertarik pada SLOW COOKER yang katanya jadi hero buat ibu-ibu bekerja (saya masih bekerja saat itu). Googling nyari reviu merk slow cooker yang Oke, pilihan saya jatuh pada Slowcooker merk Takahi ukuran 0,7 liter.


Ini dua alat tempur andalan saya yang membuat hidup menjadi lebih mudah hahaha

Saya juga membeli steamer serbaguna, semacam klakat gitu moms. Beberapa alat tempur MPAsi lainnya saya dapatkan dari hadiah waktu Akmal lahir seperti baby blender dan mini chopper. Lengkap lah sudah peralatan tempur MPASI yang saya punya. Oiya saya juga membeli saringan kawat moms, jaga-jaga kalau sedang padam listrik (di Manokwari, listrik padam bisa 3 kali seminggu. Kadang pernag beberapa kali seharian, dari pagi sampai sore).

Mulai lah saya menyusun MPASI menu tunggal, yaitu pemberian satu bahan saja untuk bayi. Tujuannya untuk mengetahui adanya alergi makanan tertentu. Oiya saya menggunakan acuan pemberian MPASI dari WHO ya moms. Banyak sekali acuan lain, memilihnya sesuai sesuai dengan hati moms dan kesiapan si kecil saja. Saya minta pendapat admin grup MPASI homemade untuk reviu menu tunggal 14 hari yang saya buat. Kalau-kalau ada menu berurutan yang tinggi serat dan berpotensi menyebabkan sembelit.



So far empat belas hari pertama menu tunggal dilewati dengan baik meski ada beberapa hari Akmal mogok makan karena sedang sakit flu. Tapi setelah masuk ke menu 4 bintang, makannya lahap sekali. Saya selalu sertakan kaldu homemade juga yang saya buat setiap 3 hari sekali dan saya bekukan di freezer. Kombinasi 4 unsur (karbo, protein hewani, protein nabati, dan serat) selalu saya variasikan setiap hari supaya tidak bosan. Ada yang bertanya, kok mbak bisa bikin menu bubur bayi sendiri emang sempet ya mbak? Sempet doooong, kan afa slow cooker hehehehe. Lain kali saya akan cerita super manfaat dari slowcooker dan manajemen MPAsi untuk ibu bekerja ya moms.