1. Akibat Trauma

Penyebab anak mimisan yang pertama adalah diakibatkan oleh trauma yakni benturan langsung pada hidung ketika Si kecil terjatuh atau terlalu sering mengorek- ngorek hidung hingga menyebabkan bagian kulit dalam hidung terluka. Selain itu penyebab lainnya adalah kerak hidung yang kering dan mengeras dapat menyebabkan trauma pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan mimisan. Ada baiknya moms memerhatikan jika Si kecil terlalu sering mengorek-ngorek hidung yang menyebabkan luka pada bagian dalam. 
 

2. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca juga merupakan penyebab umum mimisan pada anak. Biasanya paling sering mengalami mimisan setelah terjadi perubahan suhu yang ekstrim seperti suhu panas terik lalu mendadak berubah menjadi suhu dingin AC di dalam ruangan. Selain itu  kondisi udara yang kotor dan terhirup oleh anak juga dapat membuat kesehatannya terganggu dan menyebabkan mimisan. Misalnya polusi asap kendaraan, asap rokok, yang menyebabkan Si kecil mengalami iritasi pada selaput lendirnya. 

source: http://doktersehat.com
baca juga

3. Alergi

Selain perubahan suhu udara, alergi juga dapat menyebabkan Si kecil menjadi sering bersin-bersin, dimana ini merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya mimisan. Nah, jika anak moms alergi terhadap debu atau benda lain yang dapat menyebabkan bersin, ada baiknya moms menjauhkan dari benda-benda yang berdebu atau lingkungan yang banyak terkontaminasi oleh polusi. 

source: https://www.halodoc.com

4. Kelelahan

Terlalu banyak main atau aktivitas yang banyak di sekolah bisa menyebabkan Si kecil menjadi kelelahan. Nah, rasa lelah yang berlebihan ini bisa membuat pembuluh darah anak menjadi lemah sehingga terjadi mimisan. Selain itu kondisi udara yang kering juga dapat membuat hidung ikut menjadi kering. Hal ini dapat menyebabkan bagian sektrum hidung ikut menjadi kering bisa menyebabkan mimisan. 

source: http://www.sarihusada.co.id