1. Gunakan Bra dengan Penyangga yang Baik

Hal penting pertama yang harus dilakukan agara payudara kencang setelah menyusui adalah moms wajib memilih bra dengan penyangga yang bagus. Karena jika moms memilih bra dengan kualitas kurang baik, maka tidak akan memberi dampak apapun pada payudaramu. Ada baiknya moms memilih bra yang memiliki penyangga dengan kawat dan tali yang lebih lebar. Selain itu pilihlah bra dengan bahan yang lembut dan menyerap keringan agar moms nyaman beraktivitas seharian. 

source: http://justbraz.com

2. Mengonsumsi Pepaya Muda

Selain harganya murah, pepaya muda memiliki kandungan enzim yang dapat membantu dalam pertumbuhan payudara. Selain itu, enzim pepaya juga mengandung vitamin A dan hormon pengencang yang bisa merangsang produksi hormon wanita (estrogen, progesteron, dan prolaktin), mengencangkan payudara. Cara mengonsumsinya cukup mudah yaitu, buat jus pepaya mengkal sebanyak yang dicampur dengan susu kedelai. Agar rasanya lebih nikmat moms bisa mencampurkannya dengan madu atau perasan jeruk nipis. Sebaiknya konsumsi jus ini secara teratur dua hari sekali. Diketahui kandungan phyto-estrogen kedelai juga sangat baik untuk payudara lho moms. 

source: http://namthaoduoc.com
baca juga

3. Olahraga

Meskipun payudara berisi lemak bukan otot, namun dengan melakukan olahraga secara rutin juga bisa membantu untuk merangsang otot-otot pektoralis mayor dan minor sebagai penggantung payudara. Aliran darah yang lancar serta otot penggantung yang kencang bisa membuat payudara menjadi lebih bugar, kencang, dan lebih terangkat. Selain itu senam aerobic juga bisa membuat bagian dada menjadi lebih kencang sehingga membuat bentuk payudara kencang. 

source: http://www.cheatsheet.com

4. Pijat 

Selain mengonsumsi makanan yang tepat dan olahraga, moms juga bisa melakukan pemijatan agar payudara kembali kencang dan terangkat. Selain itu kamu juga bisa memijat atau mengompres payudara dengan air dingin dan panas. Fungsinya adalah air panas meningkatkan sirkulasi darah sementara air dingin membantu mengencangkan dan mengencangkan kulit. Sama seperti halnya ketika moms mengompres wajah dengan es batu untuk membuatnya menjadi lebih kencang. 

source: https://hellosehat.com