1. Persiapan Melahirkan 

Meski melahirkan tanpa suami terasa berat, moms harus tetap menjalani dan melewatkan proses persalinan dengan lancar. Nah, yang pertama harus kamu lakukan adalah moms sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat persalinan dengan baik. Seperti, koper berisi kebutuhan moms dan bayi, serta janji dengan rumah sakit tempat moms melahirkan. Jika perlu, Moms bisa menghubungi keluarga atau sahabat terdekat untuk menemani kamu selama persalinan. 

source: https://hellosehat.com

2. Tenangkan Diri

Buat kondisi kamu senyaman mungkin saat menghadapi persalinan. Jika kamu butuh bantuan apapun, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain. Sebisa mungkin, beri dirimu sendiri kenyamanan saat menghadapi situasi sulit ini. Selain itu jangan lupa berdoa untuk kelancaran persalinan dan Si kecil lahir dengan sehat serta sempurna. 

source: https://independent.ie
baca juga

3. Fokus Pada Si Kecil

Momen melahirkan memang suatu hal yang ditunggu-tunggu setelah menjalani kehamilan selama 9 bulan. Menjelang melahirkan pastinya bunda akan merasakan khawatir, deg-degan, takut, sekaligus bahagia. Meski tanpa kehadiran suami kamu tetap harus fokus pada calon buah hati yang sudah menanti-nanti momen pertemuan dengan ibunya. Hal ini bisa mengalihkan perhatianmu dari melahirkan tanpa suami di sisimu.

source: https://hellodoktor.com

4. Persiapan Fisik

Persiapkan fisik dengan matang seperti rutin mengonsumsi makanan sehat sayur dan buah. Selain itu lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki dan senam hamil secara teratur. Meski perasaan sedih tidak bisa hilang karena suami tidak bisa menemani, namun moms harus tetap fokus pada kesehatan diri sendiri dan juga janin demi proses persalinan yang lancar. 

source: http://continentalhospitals.com