Haloo Mommies,

Siapa sih yang tidak suka menggendong anak apalagi anak sendiri. Saya yakin tidak ada orangtua yang tidak mau menggendong anaknya. Apalagi disaat si anak masih belum bisa berjalan sendiri pasti orangtua akan menggendongnya ya kan. Namun moms ternyata terlalu sering dan terlalu lama menggendong ada dampaknya juga bagi kesehatan moms. Apalagi disaat berat badan anak kian bertambah seiring masa pertumbuhannya. Pasti membuat beban menjadi tambah berat. 

Lalu sebenarnya apa sih dampak terlalu sering dan lama menggendong anak bagi kesehatan kita?
LBP atau nyeri punggung bawah adalah rasa nyeri yang terjadi di daerah punggung bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki. Pasti beberapa moms pernah merasakan seperti ini ya apalagi disaat anak sedang sakit pasti anak akan menjadi rewel sehingga kita akan membuatnya nyaman, salah satunya dengan menggendong agar anak merasa nyaman. 
LBP ini juga salah satu penyebab utama terbatasnya aktivitas dan hilangnya kemampuan bekerja pada semua orang di dunia. LBP juga membuat penderita mengalami penurunan kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari dan masalah kesehatan kerja. 



Tulang belakang kita terbentuk dari tulang-tulang kecil disebut vertebrata, yang disusun bertumpuk. Otot, ligamen, saraf, dan discus intervertebral (bantalan tulang belakang) merupakan bagian penunjang dari tulang belakang. Fungsi tulang belakang antara lain menopang berat tubuh, melindungi organ tubuh manusia dan membuat tubuh fleksibel dalam bergerak.



Nah moms, biasakan sebelum menggendong anak bisa dengan menggunakan kain jika memang sudah tidak mampu menopang berat badan anak atau bisa tidak usah memaksakan menggendong jika berat badan anak sudah semakin bertambah. Lalu jangan terlalu lama menggendong anak karena bisa mengakibatkan LBP meskipun rasa nyeri tersebut tidak permanen.


Semoga bermanfaat dan see you on my next post :)